Berita KAInternasionalKereta Api

Shinkansen Kyushu Barat Resmi Beroperasi

Kyushu Shinkansen
Ilustrasi: Armada Shinkansen Kyushu Barat di Nagasaki | Foto: Sevenstars 20, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 10/10 – Telah dua minggu lamanya Shinkansen Kyushu Barat telah resmi beroperasi. Pada 23 September lalu, JR Kyushu membuka layanan Kamome yang menghubungkan antara Stasiun Nagasaki dengan Takeo-Onsen. Di perjalanannya, layanan ini akan melewati stasiun Ureshino-Onsen, Shin-Omura, Nisahaya, dan berakhir di Stasiun Nagasaki.

Melansir dari Yahoo Japan, layanan Shinkansen baru ini beroperasi dengan nama Kamome. Nama ini sama dengan layanan kereta ekspres terbatas yang sebelumnya melayani Hakata dengan Nagasaki. Dengan adanya layanan Shinkansen Kamome, maka layanan Kamome biasa di antara Takeo-Onsen dan Hakata menjadi layanan Relay Kamome.

Pengguna Shinkansen Kyushu Barat dapat berpindah langsung dengan layanan Relay Kamome di peron Stasiun Takeo-Onsen. Selain Relay Kamome, beberapa layanan kereta ekspres Huis Ten Bosch dan Midori juga melayani layanan “relay” ini. Hal ini mengingatkan kepada Kyushu Shinkansen di mana di antara pembukaannya sampai tahun 2011, pengguna Shinkansen Tsubame dapat langsung transit ke Relay Tsubame di Shin-Yatsushiro. Layanan ini baru berhenti setelah seluruh segmen Kyushu Shinkansen tersambung dari Kagoshima-Chuo ke Hakata.

Melansir dari NHK, selain Relay Kamome, juga beroperasi layanan Kasagi yang menghubungkan Stasiun Hizen-Kashima dan Hakata. Frekuensi kereta ekspres ini hanya 14 perjalanan sehari, sekitar sepertiga dari layanan kereta ekspres aslinya. Beberapa pengguna pun mengeluhkan berkurangnya kereta ekspres di lintas konvensional. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×