Uji Coba Kereta Api Sulsel Telah Dimulai, Catat Jadwal Terbarunya!

Ilustrasi Kereta Api di Sulawesi Selatan | Foto: Kompas
Ilustrasi Kereta Api di Sulawesi Selatan | Foto: Kompas

REDigest.web.id, 3/11 – Empat hari lalu (29/10), Zulmafendi, S.E., M.SC. selaku Plt. (Pelaksana tugas) Direktur Jenderal Perkeretaapian bersama Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman telah memulai uji coba operasional terbatas kereta api jalur Makassar – Parepare pada ruas Stasiun DJKA Garongkong – Stasiun DJKA Mangilu.

Area Ujicoba Masih Terbatas

Menurut Gubernur Sulawesi Selatan, tahap uji coba operasi berlaku terbatas karena segmen jalur lainnya masih dalam pengerjaan, “Kita harap segera tuntas jalur Makassar ke Parepare segera rampung,” sebutnya. Ia pun berharap agar jalur kereta api ini berguna bagi masyarakat Sulawesi Selatan, “Tentu akan memberikan manfaat bagi masyarakat kami dengan hadirnya transportasi kereta api ini untuk bisa mengangkut orang dan barang,” tukas Andi.

Pada saat bersamaan hadir pula Ir. Mohamad Risal Wasal, ATD., M.M., IPM selaku Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Kemenhub, Dr. Edi Nursalam, ATD., M.T. sebagai Direktur Keselamatan Perkeretaapian, Amanna Gappa selaku Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan (Sulsel), Bupati Barru, dan Bupati Pangkep.

Uji Coba Gratis untuk Publik

Uji coba terbatas berjalan dengan lancar dan semua pihak yang turut membangun proyek ini optimis KA pertama di Sulawesi itu akan segera beroperasi.  Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan berkata, “Kalo anda orang Sulawesi atau bukan orang Sulawesi, jangan sampe tidak coba kereta api di Sulawesi.” Setelah permulaan uji coba dilakukan, masyarakat dapat mencoba jalur KA tersebut dengan menaiki kereta apinya secara gratis.

Menurut Zulmafendi, masyarakat dapat menaiki KA Andalan Celebes dari Stasiun DJKA Garongkong hingga Stasiun DJKA Mangilu sementara rute sebaliknya dari Stasiun DJKA Mangilu menuju Stasiun DJKA Garongkong menggunakan KA Lontara. Tiket kereta ini masih digratiskan hingga akhir Desember.

Sedikit Informasi Teknis

Kereta api yang melintas di Sulawesi Selatan tersebut menggunakan rel dengan lebar 1435 mm atau rel lebar standar (standard gauge). “Dengan lebar jalur tersebut, kereta api di Sulawesi ini akan mampu melesat lebih cepat dan lebih nyaman daripada kereta api di Pulau Jawa,” terangnya pada 31/10.

Informasi umum dan informasi wisata pada jalur KA Stasiun DJKA Garongkong - Stasiun DJKA Mangilu | Foto: Instagram BPKA Sulsel
Informasi umum dan informasi wisata pada jalur KA Stasiun DJKA Garongkong – Stasiun DJKA Mangilu | Foto: Instagram BPKA Sulsel

Pada masa awal uji coba, kereta akan berjalan sejauh 66 km dengan melewati tujuh stasiun. “Jadi, bagi masyarakat yang ingin mencoba naik KA Andalan Celebes maupun KA Lontara dapat langsung menuju stasiun-stasiun tersebut,” ujar Zulmafendi. Adapun kecepatan kereta ini ialah maksimal 60 km per-jam.

Informasi jarak antar stasiun di jalur KA Stasiun DJKA Garongkong - Stasiun DJKA Mangilu | Foto: Instagram BPKA Sulsel
Informasi jarak antar stasiun di jalur KA Stasiun DJKA Garongkong – Stasiun DJKA Mangilu | Foto: Instagram BPKA Sulsel

Di bawah ini ialah tabel jarak antar stasiun pada jalur KA Garongkong – Mangilu:

Jarak Antar Stasiun pada Jalur Garongkong – Mangilu
DariKeJarak
DJKA GarongkongDJKA Barru4,7 km
DJKA BarruDJKA Tanete Rilau9 km
DJKA Tanete RilauDJKA Mandalle12,7 km
DJKA MandalleDJKA Ma’rang7,8 km
DJKA Ma’rangDJKA Labakkang9 km
DJKA LabakkangDJKA Mangilu8,8 km

Jadwal Perjalanan Kereta Api

Berikut jadwal KA Andalan Celebes dan KA Lontara sejak 29 Oktober 2022 hingga 3 November 2022:

Nama KA

Arah

StasiunNama KA

Arah

KA Andalan Celebes

 

>>>

DJKA Garongkong

ber 10.18 WITA

DJKA BarruDJKA Tanete RilauDJKA MandalleDJKA Ma’rangDJKA LabakkangDJKA Mangilu
DJKA GarongkongDJKA BarruDJKA Tanete RilauDJKA MandalleDJKA Ma’rangDJKA LabakkangDJKA Mangilu

ber 16.05 WITA

KA Lontara

 

<<<

Per 4 November 2022, jadwal KA Andalan Celebes dan KA Lontara mengalami penyesuaian menjadi seperti berikut:

Nama KA

Arah

StasiunNama KA

Arah

DJKA Garongkong

dat 10.43 WITA

DJKA BarruDJKA Tanete Rilau

ber 10.13 WITA

KA Lontara 1

<<<

KA Andalan Celebes 1

 

>>>

DJKA Garongkong

ber 11.03 WITA

DJKA BarruDJKA Tanete RilauDJKA MandalleDJKA Ma’rangDJKA LabakkangDJKA Mangilu

dat 13.10 WITA

DJKA Garongkong

dat 18.19 WITA

DJKA BarruDJKA Tanete RilauDJKA MandalleDJKA Ma’rangDJKA LabakkangDJKA Mangilu

ber 16.07 WITA

KA Andalan Celebes 2

 

<<<

KA Lontara 2

>>>

DJKA Garongkong

ber 18.39 WITA

DJKA BarruDJKA Tanete Rilau

dat 19.09 WITA

 

Syarat Ikut Uji Coba

Bagi masyarakat yang ingin mencoba KA Andalan Celebes dan KA Lontara dapat mendatangi stasiun pada jam keberangkatan. Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Amanna Gappa menyatakan telah menghubungi pemerintah setempat untuk menyediakan angkutan terusan ke stasiun masing-masing.

Setelah itu, calon penumpang harap memberikan data diri kepada petugas di stasiun yang terdiri dari:

  1. Nama
  2. Alamat
  3. Nomor telepon
  4. Kesan/ pesan selama mengikuti kegiatan uji coba

“Semoga masyarakat dapat mencoba dan mengenal moda transportasi kereta api sehingga dapat menjadi kebanggaan warga Sulawesi,” terang Zulmafendi.

Ilustrasi KA di Sulawesi Selatan | Foto: RRI
Ilustrasi KA di Sulawesi Selatan | Foto: RRI

Objek Wisata di Sekitar Jalur Kereta

Selain menerangkan mengenai uji coba operasi, Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian itu turut memaparkan tingginya potensi wisata pada sepanjang wilayah jalur KA tersebut. Ia menganggap pemandangan di sekitar lintas memberikan daya tarik wisata. Selain itu, ada juga kawasan wisata lainnya seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe, sampai Wisata Mangrove Dewi Biringkassi. Agar semakin menarik wisatawan, Stasiun Rammang-Rammang akan segera beroperasi karena terletak dekat dengan wisata Geopark Rammang-rammang.

Berikut objek wisata sepanjang Jalur KA Garongkong – Mangilu:

Objek Wisata di Sepanjang Jalur KA Garongkong – Mangilu

Nama StasiunObjek WisataWilayah
DJKA Garongkong
DJKA BarruWisata Alam Anjungan Sumpang BinangaeKabupaten Barru
Wisata Alam Pantai Ujung Batu
DJKA Tenete RilauWisata Alam Pantai La Guna
Wisata Alam Lappa Laona
DJKA MandalleWisata Alam SoronganKabupaten Pangkep
DJKA Ma’rangWisata Alam Telaga Biru Segari
DJKA LabakkangWisata Alam Hutan Mangrove Dewi Biringkassi
DJKA Mangilu

Sekadar tambahan informasi, Pantai Ujung Batoe telah dikenali oleh masyarakat Barru. Pantai ini berlokasi di Kelurahan Sumpang Binangae yang jaraknya dua km dari ibukota kabupaten. Terdapat bibir pantai yang landai dan hamparan pasir yang luas untuk berjemur. Ada juga banyak perahu milik nelayan beserta aksesorisnya.

Di sisi lain, objek wisata Rammang-Rammang terletak 40 km di utara Kota Makassar atau tepatnya di Maros, Sulawesi Selatan. Di sana terdapat gugusan pegunungan kapur yang paling besar se-Indonesia dan dapat dijangkau dengan perahu kayu yang memuat satu hingga 10 orang. Selain tebing karst, ada pula pepohonan nipah dan palem rawa di sekitaran sungai. Dari pepohonan mungkin juga terdengar suara burung-burung berkicau.

Tunggu apalagi? Yuk ikuti uji coba KA Andalan Celebes dan KA Lontara di Sulawesi Selatan! Jangan sampai ketinggalan! (RED/AFD)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: