Lokomotif DF4 Kembali Tiba di Tanjung Priok, Kini dalam Rasa Berbeda!

Lokomotif DF4C-4151 di Pelabuhan Tanjung Priok | Foto: Ricki Van Dirjo

REDigest.web.id, 6/1 – Pada akhir tahun 2022 kemarin, ternyata ada dua lokomotif dari Republik Rakyat Tiongkok yang tiba di Indonesia. Seperti yang sudah-sudah, lokomotif ini adalah dari jenis DF4 China Railway untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Akan tetapi, ternyata dua lokomotif dari jenis DF4 ini merupakan varian yang berbeda. Lokomotif DF4 yang pertama datang adalah DF4B dengan nomor seri DF4B-6385 pada 16 Desember 2022. Sementara lokomotif DF4 yang kedua datang adalah DF4C dengan nomor seri DF4C-4151 pada 31 Desember 2022.

Dari video YouTube di atas, tampak pada menit 0.54 builder plate menunjukkan 中车大连机车车辆 1994. Hal ini menunjukkan lokomotif DF4C-4151 ini merupakan hasil produksi Dalian Locomotive Works (sekarang CRRC Dalian) pada tahun 1994.

Sementara pada menit 6.00 saat bogie tersorot kamera tampak lokomotif ini memiliki konfigurasi C-C. Hal ini karena keenam gandarnya memiliki motor traksi, sehingga berfungsi sebagai gandar penggerak. DF4C sendiri memang memiliki varian penumpang dengan konfigurasi bogie A1A-A1A, dengan varian DF4CK.

Perbedaan dengan DF4B

lokomotif df4b
Proses penurunan lokomotif DF4B-1295 dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta | Foto: Twitter @bbbekti

Seperti DF4B, lokomotif DF4C merupakan salah satu varian dari lokomotif DF4 milik China Railways. Berbeda dengan lokomotif DF4B, bagian muka pada lokomotif ini tampak lebih miring dari pada lokomotif DF4B. Selain itu, lokomotif ini berwarna biru muda dengan garis putih, alih-alih hijau tua dengan garis kuning.

Untuk mesin sendiri, DF4C memiliki mesin 16V240ZJC alih-alih 16V240ZJB. Menurut Wikipedia Tiongkok, mesin ini memiliki peningkatan pada sejumlah komponen mesin. Sebagai akibatnya, tenaga mesin sesuai spesifikasi pun meningkat dari 3.600 daya kuda ke 4.000 daya kuda.

Belum ada informasi kapan lokomotif DF4C-4151 ini akan dikirim ke area proyek Tegalluar. Sementara lokomotif DF4B-6385 sudah berdinas mulai awal Januari 2023. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Lokomotif DF4 Kembali Tiba di Tanjung Priok, Kini dalam Rasa Berbeda!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: