Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

KCIC Sambut Kedatangan Armada Terbaru Kereta Cepat

Armada kereta cepat dalam proses pengiriman | Foto: KCIC

REDigest.web.id, 15/2 – Pada Jumat (10/2) lalu, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) resmi menyambut kedatangan empat rangkaian armada kereta cepat. Keempat rangkaian kereta cepat ini sendiri sebenarnya telah menjalani pengiriman sejak 13 Januari 2023 silam.

Melansir dari rilis persnya, armada yang menjadi bagian dari rangkaian keempat ini terkahir tiba di Tegalluar pada Jumat (10/2) pukul 04.00 dini hari. Sebelum tiap proses pengiriman, setiap armada menjalani proses inspeksi prapengiriman sebelum kemudian berangkat.

Proses pengiriman ini sendiri mendapat pengawalan dari Korlantas Polri, Jasa Marga, dan BPJT kementerian PUPR. Pengiriman armada kereta cepat ini sendiri memang memakan waktu karena hanya berlangsung hari Senin-Kamis pukul 21.00-05.00, dan hanya dua unit kereta per perjalanan.

Keadaan Depo Tegalluar | Foto: KCIC

Oleh karenanya, perlu 2 hari untuk pengiriman setiap kereta. Di Depo Tegalluar sendiri, keadaannya telah steril dari alat berat, sehingga rangkaian kereta cepat dapat langsung diletakkan pada jalur. Selanjutnya, armada ini akan menjalani proses penyambungan kereta untuk menjadi rangkaian lengkap, baru kemudian melaksanakan uji dinamis.

Saat ini total telah ada enam rangkaian kereta cepat untuk operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Rencananya akan ada pengiriman lima rangkaian lagi secara bertahap hingga akhir April 2023. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×