Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Bahas KRL Bekas, Dirut KAI Temui Menko Marves

Ilustrasi KRL JR East, seri E217 | Foto: Niyute – Wikimedia Commons (CC-BY-SA)

REDigest.web.id, 7/3 – Setelah sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyetujui impor KRL Bekas, kini Dirut KAI Didiek Hartanto mengadakan pertemuan untuk membahas impor ini.

Melansir dari CNBC Indonesia, pertemuan ini berlangsung pada Senin (6/3). Pihak KAI Commuter membenarkan adanya pertemuan ini untuk membahas mengenai impor KRL bekas dari Jepang.

Hal ini KAI Commuter rencanakan untuk menggantikan armada KRL yang rencananya akan pensiun pada 2023-2024. Proses impor sendiri saat ini tengah tertahan karena adanya perbedaan pendapat antara dua kementerian.

Pihak Kementerian Perhubungan telah mendukung proses impor ini sejak 2022. Bahkan dalam pernyataan pers terbarunya Kementerian Perhubungan mengatkaan proses ini merupakan solusi sementara yang harus terlaksana.

Sedang Pihak Kementerian Perindustrian tampak masih sulit menerima proses impor bekas ini. Sebelumnya, pada Januari 2023 mereka mengatakan proses impor ini belum dapat dipertimbangkan dan mengarahkan untuk kerja sama dengan INKA.

Bahkan pihaknya sampai menanyakan mengapa harus impor bekas dari Jepang. Melansir dari Kumparan, dalam pernyataan terbarunya Kementerian Perindustrian mengatakan impor KRL bekas ini adalah opsi terakhir. Mereka ingin untuk mendorong tingkat komponen dalam negeri (TKDN) melalui PT INKA. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×