Beroperasi KembaliBusBus Antar Kota

Sekian Lama Hiatus, DAMRI Launching Kembali Rute ALBN Indonesia-Brunei

DAMRI ALBN
DAMRI 5542 Laksana all new Legacy SR1 Skybus rute Pontianak-Sarawak-Brunei. | Foto: Twitter Fuza Firdaus Zhan

REDigest.web.id, 4/3 – Di Indonesia bus lintas 3 provinsi sudah menjadi hal yang umum, bus lintas 3 pulau mungkin juga lumrah bagi sebagian orang, bagaimana dengan bus lintas 3 negara? Adakah di antara pembaca sekalian yang baru mengetahui? Ya, bus lintas 3 negara ini kembali dioperasikan oleh PO DAMRI atau Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia asal Indonesia dengan rute Pontianak (Indonesia)-Sarawak (Malaysia)-Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam) PP secara direct.

Berdasarkan postingan Instagram DAMRI Indonesia, DAMRI layanan Antar Lintas Batas Negara (ALBN) mulai beroperasi pada Rabu (1/3) kemarin. Rute ini merupakan layanan yang sempat hiatus selama beberapa tahun akibat pandemi COVID-19 dan sempat berjalan secara terbatas pada Januari 2023. Sebelumnya DAMRI telah mengoperasikan rute ALBN lainnya yaitu Pontianak-Kuching (Malaysia) sejak Juli 2022 meski pada saat itu perjalanannya masih bersifat back to back.

Bus ALBN
Deretan bus antar negara: Biaramas ke Kuching, DAMRI 5215 ke Kuching, Setia Jiwana Sakti ke Kuching, dan DAMRI 5542 ke Bandar Seri Begawan. | Foto: Twitter Fuza Firdaus Zhan

Menempuh jarak hampir 1200 kilometer, lintasan bus ini melewati Pos Lintas Batas Negara Entikong Indonesia-Malaysia, Emplanjau, Tebedu, Sri Aman, dan Miri di negara Malaysia. Fasilitas pendukung yang disediakan di dalam bus di antaranya air conditioner, reclining seat, selimut, LCD TV/DVD/music audio, charger handphone, WiFi, toilet, CCTV, dan lain-lain. Untuk kelas yang ditetapkan DAMRI memberikan layanan kelas Eksekutif dengan harga tiket sebesar 1,1 juta rupiah atau 110 dollar Brunei.

Jadwal pemberangkatan bus DAMRI dari terminal Sei Ambawang Pontianak pada pukul 07.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) dan tersedia pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan dari Agen Travel Al-Baraka di jalan McArthur Bandar Seri Begawan diberangkatkan pada pukul 16.00 BNT (Brunei Darussalam Time) atau 15.00 WIB dan tersedia pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Al-Baraka Travel Service (@albaraka_travelbrunei)

Pada hari pertama peresmian DAMRI Indonesia-Brunei, bus dengan nomor lambung 5542 menjadi unit babat alas. Bahkan pihak DAMRI ikut foto bersama di depan bus yang hendak membawa beberapa pengguna melibas jalanan lintas 3 negara ini.

Selain DAMRI, perusahaan otobus lainnya yang telah membuka kembali rute Indonesia-Brunei yaitu PO MHS atau Murni Haji Saban asal Brunei Darussalam. PO ini memulai perjalanannya pada Kamis (23/2) lalu dari Terminal Sei Ambawang menuju Bandar Seri Begawan. Lalu terdapat satu PO lainnya yang belum membuka rute Indonesia-Brunei yaitu PO ADBS atau Awang Damit Bus Services. (RED/EPP)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×