Berita KAIndonesiaKAIKereta ApiUjicoba

KRDE ME 204 Sukses Jalani Uji Coba di Lintas Bandung-Padalarang  

Kereta rel diesel elektrik berjenis ME 204 sedang berangkat dari stasiun padalarang.
Ilustrasi: KRDE ME 204 sedang melakukan uji coba di Stasiun Padalarang. | Foto: Septian Alfiansyah

REDigest.web.id, 30/3 – Salah satu rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) berjenis ME 204 milik Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Jalani uji coba di lintas Bandung-Padalarang. Spekulasi mulai bermunculan di antara para railfans yang menganggap uji coba ini merupakan tanda KRDE ME 204 akan menggantikan kereta pengumpan KCIC hasil modifikasi dari KRDE prameks.

Uji Coba Kereta Berjalan Dengan Lancar

Kereta rel diesel elektrik berjenis ME 204 sedang berjalan menuju stasiun padalarang.
Ilustrasi: KRDE ME 204 sedang melakukan uji coba dengan jalur kereta cepat Jakrata-Bandung disampingnya. | Foto: Septian Alfiansyah

Pada 28 Maret 2023, kereta hijau ini terlebih dahulu dikirimkan dari Yogyakarta sampai Bandung, tempat ia akan memulai uji cobanya. Kereta milik BIAS tersebut selamat melalui medan yang terjal tanpa kendala ataupun mengalami mogok.

Lalu, uji coba mulai dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2023 dengan rute Bandung-Padalarang. Perjalanan uji coba tersebut dijalankan sebanyak enam kali pulang pergi sepanjang lintas tanpa masalah. Para railfans pun antusias mengabadikan momen tersebut karena ini merupakan kali pertama ME 204 menjalankan dinas uji coba di DAOP 2 Bandung.

KRDE ME 204 akan Dijadikan Kereta Pengumpan KCIC?

Sebelumnya, uji coba yang serupa dilaksanakan pada 15 Desember 2022 dengan rangkaian KRDE pengumpan KCIC eks KRDE prameks batik.

Menurut informasi yang di dapat dari media sosial, saat pengirimannya dari Yogyakarta ke Bandung, KRDE ini berjalan sendiri hanya sampai Bandung. Selanjutnya, ia ditarik oleh lokomotif hingga sampai di stasiun Bandung. Pada hari uji cobanya, KRDE Pengumpan KCIC menjalankan perjalanannya dari Bandung hingga Padalarang pulang pergi tanpa kendala.

Mengingat uji coba yang pertama ini disertai uji coba yang kemarin baru dilaksanakan kemarin, para railfans pun mulai beranggapan bahwa ME 204 akan digunakan untuk pelayanan pengumpan kereta cepat ketimbang KRDE eks prameks.

Para railfans menilai bahwa KRDE yang lebih baru ini lebih pantas dijadikan kereta pengumpan untuk penumpang kereta cepat karena faktor kualitas serta ketangguhannya yang baru saja terbuktikan ketika pengirimannya dari Yogyakarta hingga Bandung tanpa bantuan lokomotif pembantu.

Produksi Baru yang Sedikit Berbeda

Rangkaian yang digunakan untuk uji coba ini ialah ME 204 produksi tahun 2021. Yang membedakan kereta produksi tahun 2021 ini dengan yang tahun 2018 ialah manufaktur sistem traksinya.  ME 204 produksi tahun 2018 menggunakan sistem traksi yang dibuat oleh Bombardier.

Sementara itu, ME 204 Produksi 2021 menggunakan sistem traksi baru dari Medcom, sebuah perusahaan yang berbasis di Polandia. (RED/DS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KRDE ME 204 Sukses Jalani Uji Coba di Lintas Bandung-Padalarang  

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×