Berita KAIndonesiaKereta Api

Terkuak, Ternyata KRDE ME204 Buatan 2021 Gunakan Traksi Medcom Buatan Polandia

KRDE ME204 angkatan 2021 pada hari pertamanya berdinas, 2 Januari 2023 | Foto: Angin Elandajagat

REDigest.web.id, 8/2 – KRDE terbaru buatan INKA, KRDE ME204 2021 untuk KA Bandara Solo telah beberapa waktu ini berdinas. Akan tetapi, banyak pertanyaan apakah komponen traksi yang KRDE jenis ini gunakan ini sama dengan angkatan sebelumnya atau tidak. Pertanyaan ini pun terjawab ketika Kedutaan Besar Polandia mengungkapkan jawaban resmi mereka pada pekan lalu.

Melansir dari fanpage Kedutaan Besar Polandia, pihak mereka mengumumkan penggunaan komponen Medcom untuk komponen traksi KRDE ME204 ini. Komponen tersebut di antaranya adalah inverter untuk traksi dan konverter auxiliary. Pihak Kedutaan Besar Polandia dalam kirimannya juga mengharapkan ini adalah langkah yang tepat bagi kerja sama Indonesia-Polandia.

Siapa itu Medcom?

KRL jenis EN97 buatan PESA untuk operator Warszawska Kolej Dojazdowa. Medcom menyuplai sejumlah komponen kelistrikan serperti inverter traksi untuk kereta jenis ini. | Foto: Paramaciej, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

Lalu, siapa itu Medcom? Nama perusahaan yang mungkin masih asing bagi para pecinta kereta api ini merupakan produsen komponen elektronika dari Polandia. Berdasarkan situs resmi mereka, perusahaan ini telah berdiri sejak 1988 silam dan memproduksi berbagai macam komponen elektronika, khususnya di bidang perkeretaapian, bus listrik, dan trolleybus.

Portofolio mereka meliputi penggunaan domestik dan ekspor ke berbagai negara. Penggunaan domestik di antaranya adalah sistem kelistrikan untuk kereta penumpang milik PKP, serta KRL dan KRDE untuk PKP dan operator perkotaan di Polandia. Sementara ekspor Medcom ke berbagai negara mencakup Ukraina, Azerbaijan, Ethiopia, dan Jerman.

Melansir dari rilis pers Mitsubishi Electric, pada 2015 silam telah mengakuisisi 49% saham dari perusahaan Medcom ini. Mitsubishi mengklaim hal ini merupakan kerja sama strategis yang dapat memperkuat pasar mereka di Eropa. Nama besar Mitsubishi tentu tidak asing di telinga pecinta kereta api di Indonesia, khususnya Jabodetabek. Hal ini karena sejumlah komponen dari berbagai seri KRL di Jabodetabek, seperti misal komponen traksi dan Static Inverter berasal dari Mitsubishi Electric. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Terkuak, Ternyata KRDE ME204 Buatan 2021 Gunakan Traksi Medcom Buatan Polandia

  • SultanNganggur

    Saran sy PT Inka lbih berinovasi lgi untuk produknya bikin jg KRD sprti KRD Budd RDC yg modelnya bisa diambil dari gerbong kereta ekonomi stainless steel tinggal dikasih sistem traksi diesel ato penggerak mandiri mesin diesel dibawah kabin penumpang

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×