KRDE Feeder Kereta Cepat Jalani Uji Coba di Balai Yasa Yogyakarta

Feeder Kereta Cepat
Tampak perspektif armada feeder Kereta Cepat | Foto: Bagus Panuntun Wicaksono

REDigest.web.id, 6/1 – Kabar baik yang mengejutkan tiba dari Yogyakarta. Pasalnya armada feeder Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB/KCIC) dari Stasiun Padalarang kini telah tampak wujud jadinya. Tidak hanya itu, bahkan armada ini telah menjalani uji coba.

Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi peroleh dari media sosial, pada Selasa (4/1) silam Balai Yasa Yogyakarta (Pengok) mengujicobakan armada KRDE yang satu ini. Dari foto-foto dan video para pecinta kereta api, KRDE ini menjalani uji coba di jalur uji dinamis Balai Yasa yang sering menjadi tempat uji coba lokomotif dan KRD.

Dari video oleh Mikael Rinto dan foto-foto pada artikel, tampak livery KRDE feeder ini mengadopsi skema yang mirip dengan skema armada kereta cepat. Tampak muka KRDE ini diberi warna merah-putih, dengan aksen abu-abu. Sedangkan bagian sampingnya memiliki warna putih di bagian bawah dan warna hitam di bagian atas, dengan warna merah menjadi striping.

Samping KRDE Feeder
Tampak kisi-kisi radiator ciri khas KRDE, selain itu pintu tengah pada kereta ini tidak ditambal | Foto: Ariq Dzaky
Sarana Kereta Cepat
Skema pada armada Kereta Cepat Jakarta Bandung sebagai perbandingan | Foto: KAI

Tidak hanya itu, KRDE eks Prameks Batik ini juga memiliki interior dengan kursi seperti kereta kelas ekonomi premium. Meski demikian, hingga saat ini konfigurasi interior baru tampak sekilas dari sorotan video dan kamera pecinta kereta. Belum ada foto detail interior yang Tim REDaksi peroleh hingga artikel ini terbit.

Uji coba KRDE Feeder
Sisi lain dari uji coba KRDE Feeder Kereta Cepat | Foto: Ariq Dzaky

Reaksi dari media sosial sendiri cukup beragam, namun sebagian besar mempertanyakan mengapa Balai Yasa Pengok kembali menggunakan lampu Jetbus. Selain itu, ada juga yang berkomentar mengapa kaca jendelanya tidak diganti agar tampak lebih klop.

Belakang KRDE Feeder
Tampak bagian dengan hanya satu jendela merupakan hasil tambalan dari KRDE yang sudah tidak beroperasi | Foto: Ariq Dzaky

Armada KRDE untuk feeder ini sendiri diketahui telah eksis setidaknya sejak Oktober 2021. Dari tulisan Tim REDaksi sebelumnya, tampak modifikasi terhadap KRDE ini meliputi bagian muka dan dinding samping. Tampak pintu tengah KRDE ini ditambal menggunakan dinding dari rangkaian KRDE yang sudah tidak beroperasi. Sedangkan muka KRDE ini mendapat modifikasi dengan bentuk yang baru. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

2 komentar pada “KRDE Feeder Kereta Cepat Jalani Uji Coba di Balai Yasa Yogyakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: