BusBus Rapid Transit

BPAD DKI Akan Lelang Ratusan eks Bus TransJakarta

TransJakarta BMP
Mantan Bus TransJakarta BMP-125 eks JET-027 sasis Mercedes-Benz OH 1521 yang diderek ke bagian belakang terminal Pulogebang. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 14/4 – Dalam dunia transportasi, unit yang sudah berumur terdapat dua pilihan, yaitu antara dilakukan retrofit kembali atau dipensiunkan. Unit yang pensiun juga terdapat pilihan antara dihancurkan atau dimanfaatkan kembali, baik secara langsung atau lelang. Hal ini juga terjadi pada ratusan unit eks bus TransJakarta.

Mengutip dari Kompas Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta akan melelang 417 unit eks bus TransJakarta. Pelelangan ratusan bus tersebut menunggu proses dari Komisi C DPRD DKI Jakarta. Bila telah disetujui, bus dengan kategori barang milik daerah (BMD) tersebut dapat dilelang melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Ilustrasi: Bus Ankai milik PT TransJakarta yang menjadi salah satu armada yang dilelang | Foto: Tim Fotografi Bus Ibukota

Ke-417 unit eks bus TransJakarta ini merupakan bus yang tercatat pada Dinas Perhubungan dan tidak terkena kasus sengketa. 417 bus tersebut meliputi 299 bus dengan bahan bakar gas (BBG) dan 118 bus dengan bahan bakar minyak jenis solar (BBM). Sedangkan merek beragam dari Hino, Mercedes-Benz, Hyundai, Zhong Tong, Yutong, Ankai, Komodo, hingga Inobus INKA.

Masih dari Kompas, total nilai dari 417 bus tersebut berdasarkan penaksiran Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) sebesar 21,3 miliar Rupiah. Menurut Kepala BPAD DKI Jakarta Reza Pahlevi nilai tersebut merupakan nilai dasar dan dapat bertambah saat dilakukan proses lelang nanti. (RED/EPP)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×