Berita KAInternasional

Layanan Kereta Penumpang Lintas Batas Negara Tiongkok-Laos Resmi Beroperasi

Rangkaian kereta penumpang lintas batas Laos-Tiongkok saat berada di Stasiun Kunming, Tiongkok | Foto: CGTN

REDigest.web.id, 16/4 – Setelah lebih dari 2 tahun, akhirnya layanan kereta api lintas batas Laos-Tiongkok resmi beroperasi. Layanan lintas batas ini mulai beroperasi pada Kamis (13/4) kemarin. Seperti dilansir dari Kompas.com, perjalanan perdana kereta penumpang lintas batas ini berangkat dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, Tiongkok pada pukul 8.08 waktu setempat dan tiba di ibukota Laos, Vientiane pada pukul 18.38 waktu setempat.

Setibanya di Laos, penumpang KA penumpang lintas batas disambut oleh Menteri Informasi, Budaya, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignket. Ia berharap dengan beroperasinya KA lintas batas ini dapat mempermudah mobilitas penumpang baik dari Laos maupun Tiongkok serta membawa dampak positif pada sektor pariwisata di Laos.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan jalur KA Laos-Tiongkok merupakan proyek model kerjasama antara Tiongkok dengan negara-negara ASEAN yang masuk dalam Belt and Road Initiative (BRI) yang diharapkan dapat mempromosikan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi antar regional.

Sebenarnya jalur kereta api antar negara Laos-Tiongkok sudah beroperasi sejak Desember 2021 lalu. Namun saat itu layanan KA penumpang lintas batas belum beroperasi. Hanya ada layanan KA penumpang domestik dan kargo lintas batas yang beroperasi.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×