Berita KAInternasionalKereta Api

Kebakaran Melanda Don River Railway, Tasmania

Sisa-sisa kebakaran di Don River Railway | Foto: ABC

REDigest.web.id, 7/4 – Pernahkah pembaca membayangkan jika balai yasa atau depo yang berisikan kereta bersejarah mengalami kebakaran? Hal ini yang baru saja terjadi pada Don River Railway, Tasmania pada Senin (3/4) malam waktu setempat.

Melansir dari ABC, kebakaran pertama kali diketahui oleh petugas yang dipanggil untuk memeriksa rel kereta api pada Selasa dini hari, dan melihat ada gedung yang terbakar. Untuk memadamkan kebakaran tersebut diterjunkan sekitar 30 petugas pemadam kebakaran dari berbagai distrik.

Dalam proses pemadaman tersebut turut dikerahkan truk pemadam kebakaran dengan turntable ladder untuk memadamkan api secara vertikal. Umumnya truk pemadam dengan spesifikasi tersebut diterjunkan untuk pemadaman gedung bertingkat. Meski upaya untuk memadamkan api sudah dilakukan semaksimal mungkin, namun tetap tidak mampu menyelamatkan tempat untuk pengerjaan kayu yang bangunannya hancur.

Mobil pemadam dengan turntable ladder yang ikut berjibaku melawan api | Foto: ABC

Melansir dari 7 HOFM, Presiden Don River Railway, Lynn Laycock, menyatakan toko, kantor dan museum tidak terkena dampak kebakaran ini, tetapi gudang tidak dapat berfungsi untuk sementara waktu. Total sebanyak tiga gudang berisi beberapa gerbong dan peralatan untuk pengerjaan kayu terdampak peristiwa tersebut. Air dari proses pemadaman juga diketahui menyebabkan kerusakan pada gudang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Saat berita ini terbit, petugas terkait masih melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran. Manajer Umum Don River Railway, Eamon Seddon, menyatakan sehari sebelumnya beberapa pekerjaan sedang dilakukan di Gudang mereka dengan membakar beberapa cat. Ia menduga bara cat tersebut terpercik di antara partisi dan menyalakan api di kereta King Billy yang berusia seratus tahun. Dilaporkan dua kereta yang sedang menjalani restorasi telah terbakar habis tetapi petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan kereta Royal Carriage.

Sekilas terkait Don River Railway

Don River Railway adalah organisasi nirlaba yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggota dan sukarelawan sejak 1973 di daerah Don. Sementara mereka mulai mengoperasikan kereta pada November 1976. Perjalanan kereta yang ditawarkan antara lain melewati tepi timur Sungai Don ke persimpangan di Pantai Coles. Dalam area Don River Railway terdapat museum dan bengkel yang berisikan Lokomotif, kereta, dan gerbong yang dipajang di seluruh area tersebut. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×