BusBus Antar Kota

Tol Trans Jawa Satu Arah, Bus AKAP Arah Jabodetabek Direkayasa Selama Arus Mudik

Ilustrasi: Bus Lorena kode LE.405 Bogor-Banyuwangi melaju di Tol Trans Jawa di daerah Sragen. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 6/4 – Musim mudik sebentar lagi akan tiba, berbagai prasarana yang mendukung kelancaran pemudik disiapkan secara matang, salah satunya adalah Tol Trans Jawa. Dan karena sebagai salah satu akses bagi pemudik yang menggunakan mobil atau menaiki bus menuju kota-kota besar di tengah hingga timur pulau Jawa, Polisi Republik Indonesia (Polri) melalui Korps Lalu Lintas rencana akan mengatur arus Tol Trans Jawa.

Dikutip dari JawaPos Polri akan melakukan penerapan one way, contraflow, alih arus, dan buka tutup. Sistem pengaturan tersebut bersifat situasional dengan melihat kondisi arus lalu lintas baik di ruas tol tertentu atau di sekitar rest area.

Tol Trans Jawa
Jadwal pemberlakuan rekayasa Tol Trans Jawa dan Tol Jakarta-Cikampek selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023. | Foto: Instragram JawaPos

One way merupakan pengaturan di mana jalan tol akan di buat satu arah, sedangkan contraflow merupakan rekayasa di mana jalan tol bisa dilalui dua arah namun pada salah satu arah sebagian jalur digunakan untuk mengurai kepadatan. Penerapan one way Tol Trans Jawa berlangsung dari km 72 Interchange Cikopo hingga km 414 di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, sedangkan contraflow dilakukan di tol Jakarta-Cikampek dari km 47 Interchange Karawang Barat hingga km 72 Interchange Cikopo.

Dampak dari Tol Trans Jawa satu arah khususnya pada arus mudik mengarah ke tengah atau timur Jawa membuat bus yang mengarah kembali ke Jabodetabek melewati jalan raya. Berdasarkan pemberitaan Kumparan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bus arah Jakarta akan dilewatkan ke jalur arteri baik melewati Pantura (pantai utara Jawa) ataupun Pansela (pantai selatan Jawa).

Bus KYM
Ilustrasi: Bus KYM Trans K.007 “Bad Boys” melewati jalan Pantura daerah Pemalang menuju Jakarta pada saat rekayasa Tol Trans Jawa satu arah di arus mudik tahun lalu. | Foto: Nugroho Dwi Saputra

Pemberlakuan ini juga berlaku pada arus balik saat Tol Trans Jawa satu arah menuju Jakarta, bus-bus yang menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur juga dilewatkan ke jalur arteri menyesuaikan jam pemberlakuan tol tersebut.

Selain itu perbaikan jembatan di jalan Pantura hampir rampung sepenuhnya, di mana dari 7 jembatan, 5 atau 6 jembatan telah selesai dan sisanya masih dalam proses perbaikan. Percepatan perbaikan jembatan ini dilakukan sebagai upaya memecah kepadatan dan penumpukan kendaraan di jalan Pantura. Hasilnya keterlambatan bus dapat ditekan sehingga bus dapat tiba lebih cepat di titik asal dan kembali mengangkut para pemudik menuju tujuan daerahnya masing-masing. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×