Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta CepatUjicoba

Beginilah Progres Uji Coba KCJB hingga Akhir Mei

Rangkaian Comprehensive Inspection Train di Bekasi saat uji coba pada Sabtu (20/5) lalu | Foto: RED/Ahmad Afif Mahdi

REDigest.web.id, 31/5 – Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung sukses terlaksana. Selama beberapa hari pada pekan lalu telah berlangsung sejumlah uji coba. Berbeda dengan uji coba pertama dengan kecepatan yang masih terbatas, pada pekan lalu uji coba mengalami peningkatan kecepatan secara bertahap.

Mengutip dari rilis pers KCIC, pada Senin (22/5) lalu KCIC teah mencanangkan uji coba dengan peningkatan kecepatan hingga 180 km/jam. Uji coba ini merupakan bagian dari tahapan uji coba KCIC sebelum kemudian mencapai kecepatan tinggi hingga 385 km/jam.

Wakil Menteri 2 Kementerian BUMN (Wamen 2 BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan masih ada peningkatan di beberapa aspek. Seperti misalnya pagar pengaman dan juga sound barrier agar tidak mengganggu kenyamanan masayarakat.

Berdasarkan hasil uji coba, peningkatan kecepatan hingga 180 km/jam menghasilkan waktu tempuh Tegalluar-Halim hingga 50 menit. Nantinya kecepatan akan bertambah hingga 350 km/jam, dan bahkan hingga kecepatan maksimum teknis 385 km/jam. Kecepatan 350 km/jam ini sendiri ialah kecepatan operasi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) nantinya.

Berdasarkan pengamatan lapangan, uji coba berlangsung pada Senin hingga Kamis (25/5) kemarin. Belum ada informasi kapan berlangsung uji coba kembali pada bulan Juni mendatang. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×