Viral, Gate MRT Jakarta Dikeluhkan Karena Lemot Membaca Kartu Bank
REDigest.web.id, 1/5 – Sebuah isu perkeretaapian baru saja viral di media sosial mengenai lambatnya proses tap in dan tap out di gate MRT Jakarta. Postingan itu bermula oleh cuitan akun @eibiseu. Sebagai pengguna harian MRTJ, ia meminta mesin gate memiliki kemampuan membaca kartu yang lebih baik kepada operator layanan komuter bawah tanah tersebut. Hal itu didasarkan kepada pengalamannya melihat antrean penumpang masuk/ keluar gate MRT Jakarta.
Bisa ga si lu @mrtjakarta pake mesin tap yg lebih cepet dan responsif pic.twitter.com/d5XFbPkmls
— what u lookin at? (@eibiseu) April 27, 2023
Warganet Twitter lainnya memiliki berbagai pandangan terhadap masalah ini. Ada yang menyebutkan masalah ini berasal dari kartu pihak ketiga atau pihak bank.
Bukan mesin tap MRT nya yang bermasalah. Kartu yang dari pihak ketiga/bank seperti e-money loe yang bermasalah. Pake bawaan MRT sat-set wuzz-wuzz kok.
— VirtuaTroops (@Cinutzzz) April 27, 2023
Ada juga yang yakin apabila kartu yang disediakan oleh PT MRT Jakarta ataupun kode QR pada gawai dapat digunakan sambil berlari.
Pake kartu MRT,sambil sprint juga bisa langsung kebuka,atau code qr di hp
— brody (@mynonda) April 27, 2023
Ada pula warganet yang menyanggah komentar tersebut. Menurutnya, ia membandingkan penggunaan kartu bank pada gate MRT Jakarta yang selalu bermasalah dengan mengeluarkan suara dengan pemakaian kartu bank pada gate Commuter Line yang minim gangguan. Oleh karenanya, ia menuturkan apabila layanan MRT Jakarta tidak ramai di dalam kereta melainkan ramai pada antrean gate-nya.
Setuju, yang pada bilang gate mrt gabermasalah blabla itu pake kacamata kuda, PT kereta sebelah mesin tapnya gagampang tetot2 gajelas
Kalo mau maksa bilang itu masalah kartu bank, lah PT sebelah juga pake kartu bank ga ribet
MRT kan kalo rame bkn di kereta, tp di gate 🤣🤣
— Nurachman Hafizh (@Nurachmanhafizh) April 28, 2023
Sementara itu, akun Twitter resmi MRT Jakarta pun telah menanggapi permasalahan ini dengan meminta maaf atas permasalahan tersebut, berterima kasih terhadap saran dan masukan dari pengguna layanan MRT Jakarta, dan akan menyampaikannya pada pihak terkait untuk meningkatkan layanan kereta bawah tanah tersebut.
Hai, Kak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya yang dialami ya. Terima kasih atas masukan dan sarannya, akan kami sampaikan kepada tim terkait sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan perbaikan pelayanan kami kedepannya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.
— MRT Jakarta (@mrtjakarta) April 27, 2023
Demikian artikel mengenai permasalahan masuk/ keluar pada gate MRT Jakarta. Bagaimana pengalaman pembaca sekalian selama ini? (RED/AFD)