Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KAI Commuter Siapkan Skenario Sarana KRL Baru dan Retrofit

Render desain rangkaian KRL baru buatan INKA untuk KAI Commuter | Foto: INKA

REDigest.web.id, 24/6 – KAI Commuter tengah menyiapkan pengadaan sarana baru untuk armada Commuter Line. Hal tersebut disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam rilis pers pada Sabtu (24/6).

Anne mengatakan penyiapan sarana baru ini akan dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Anne mengatakan KAI Commuter terus berkoordinasi dengan pihak lainnya seperti Kemenkomarves, Kementerian BUMN, Kemenhub, BPKP, DJKA, dan INKA yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Dari rapat tersebut dihasilkan skenario pemenuhan sarana KRL baru dan retrofit untuk layanan Commuter Line. Sebelumnya KAI Commuter dan INKA telah menandatangani kontrak pengadaan 16 set KRL baru yang rencananya akan didatangkan pada tahun 2025 hingga 2026.

Selain itu, KAI Commuter juga akan mendatangkan sebanyak 3 set sarana KRL baru dari luar negeri. Ditambah dengan 19 set rangkaian retrofit dari sarana KRL yang ada saat ini. Retrofit sarana akan dimulai pada tahun ini. Dan nantinya juga akan didatangkan 8 set KRL baru pada 2027.

Jadi total akan ada sebanyak 46 set sarana KRL baru dan retrofit yang akan menjadi armada Commuter Line. Dalam pengadaan sarana baru ini rencananya juga akan ada opsi dukungan Penyertaan Modal Negara (PMN) supaya tidak membebani keuangan KAI Commuter. Selain itu, Anne juga mengatakan tengah berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai PSO agar pengadaan sarana baru ini tidak berdampak pada tarif yang nantinya akan membebani masyarakat.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KAI Commuter Siapkan Skenario Sarana KRL Baru dan Retrofit

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×