Berita KAInternasionalKereta Api

Perusahaan KA Atlanta akan Tenggelamkan Sarana Lamanya jadi Rumpon

KA milik perusahaan MARTA yang akan jadi rumpon
Rangkaian KRL AnsaldoBreda CQ312 Gold Train MARTA saat akan berangkat dari Stasiun College Park | Foto: DeKalb, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 18/6 – Perusahaan KA bawah tanah Atlanta, Mass Atlanta Rapid Transit Authority (MARTA) berencana akan menenggelamkan 8 unit sarana KRL miliknya ke dasar laut untuk dijadikan rumpon.

Seperti dikutip dari WSBTV, penenggelaman akan dilakukan pada pertengahan April hingga awal November untuk menghindari waktu migrasi Paus Atlantik Utara dan hewan terancam punah lainnya.

MARTA akan mengirim dua kereta pertama untuk ditenggelamkan di pesisir Savanah, Georgia pada pertengahan Agustus mendatang. Penenggelaman kereta ini nantinya akan dibantu oleh Georgia Department of Natural Resources. Kereta yang ditenggelamkan nantinya akan menjadi terumbu karang buatan alias rumpon.

Rumpon ini nantinya akan menjadi rumah bagi biota laut seperti ikan, koral, dan lain sebagainya sehingga nantinya akan menarik perhatian wisatawan, pemancing, maupun penyelam. Sebelum ditenggelamkan rangkaian kereta ini akan dilepas semua komponennya yang nantinya digunakan untuk suku cadang kereta lainnya.

Selain itu rangkaian juga akan dibersihkan dari bahan dan zat yang bisa mencemari lautan seperti plastik, minyak, ataupun pelumas sehingga hanya tersisa bodi dan rangka kereta saja. Penenggelaman 8 unit kereta ini diperkirakan akan memakan biaya sebesar USD2,1 juta termasuk pelepasan komponen, pembersihan, dan ongkos kirim.

Jauh sebelum MARTA melakukan penenggelaman kereta untuk rumpon, Perusahaan KA Mass Transport Authority (MTA) New York sudah terlebih dulu menenggelamkan sarananya untuk dijadikan rumpon di pesisir Georgia pada awal tahun 2000-an. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×