Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

KAI Divre II Sumatra Barat Lakukan Uji Coba Peningkatan Kecepatan

KLB uji coba peningkatan kecepatan melintas Shelter Alai | Foto: Al Fath Rommy

REDigest.web.id, 8/7 – Upaya peningkatan kecepatan terus dilakukan di sejumlah wilayah KAI, tak terkecuali wilayah Divisi Regional II (Divre II) Sumatra Barat. Menurut informasi rekan Tim REDaksi, uji coba peningkatan kecepatan ini berlangsung pada lintas Indarung-Padang dan Padang-Naras pada Rabu (5/7) kemarin.

Perjalanan uji coba ini menggunakan rangkaian dua unit kereta ekonomi dengan lokomotif CC2018345. Dalam uji coba ini, rangkaian KLB ini melaju hingga 80-90 km/jam dalam rangka uji coba peningkatan kecepatan prasarana. Selain pihak KAI Divre II Sumatra Barat, pihak BTP Padang juga ikut serta dalam uji coba ini.

Perjalanan kembali dari KLB peningkatan kecepatan | Foto: Al Fath Rommy

Untuk saat ini, kecepatan perjalanan KA di wilayah Divre II Sumatra Barat ini memang belum terlalu tinggi. Menurut GAPEKA 2023, saat ini puncak kecepatan KA di lintas Padang hingga Naras hanya 60 km/jam. Begitu juga dengan puncak kecepatan di lintas Duku-Bandara Internasional Minangkabau. Sedangkan dari Padang ke Pauhlima, puncak kecepatan lintasnya hanya 45 km/jam.

Belum diketahui KA apa saja yang akan mendapatkan peningkatan kecepatan nantinya. Namun jika peningkatan kecepatan ini kelak diterapkan oleh KA penumpang di Divre II, waktu tempuh dapat berkurang cukup signifikan nantinya. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×