Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jabodebek

Kemenhub Umumkan Tarif Resmi LRT Jabodebek

LRT Jabodebek
Ilustrasi LRT Jabodebek | Foto: Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 8/7 – Jelang uji operasi terbuka yang dilakukan pada 12 Juli mendatang, Kemenhub mengumumkan secara resmi berapa besaran tarif LRT Jabodebek. Seperti dilansir dari Kompas.com, meski telah diumumkan namun belum ada Keputusan Menteri (KepMen) yang sudah diterbitkan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan tarif LRT Jabodebek akan menggunakan tarif progresif seperti Commuter Line dan MRT Jakarta yakni Rp5000 untuk kilometer pertama dan tambahan Rp700 untuk kilometer selanjutnya.

Dengan tarif tersebut maka tarif terjauh perjalanan LRT Jabodebek akan sebesar Rp20.000 hingga Rp25.000 untuk sekali jalan. Adita mengatakan meskipun tarifnya sudah final, namun pihaknya masih memfinalisasi beberapa aspek terutama aspek hukumnya lewat keputusan menteri perhubungan.

Tarif ini sendiri seperti dikatakan Adita sebelumnya sudah mendapatkan PSO dari pemerintah sebesar 40%. Sebenarnya tarif LRT Jabodebek seharusnya sudah diumumkan 3 bulan sebelum operasional atau pada bulan Mei 2023 jika mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pedoman Perhitungan dan Penetapan Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×