Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Operasional Kereta Cepat Masih Terganggu Layangan

Sarana Kereta Cepat
Ilustrasi: Kereta Cepat Jakarta Bandung | Foto: KAI

REDigest.web.id, 24/7 –  Jelang uji coba terbuka Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sejumlah rintangan masih menghalangi jalur kereta cepat. Salah satu yang masih cukup mengganggu adalah aktivitas masyarakat di sekitar rel.

Seperti dikutip dari Bisnis.com, KCIC meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan aktivitas yang dilakukan tak hanya membahayakan perjalanan kereta cepat tapi juga masyarakat sendiri.

KCIC saat ini tengah melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta cepat. Pasalnya beberapa kali terjadi insiden benda asing tersangkut di kabel listrik aliran atas (LAA). Kasus paling banyak terjadi di petak antara Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar di mana banyak anak-anak yang bermain layangan di sekitar jalur sehingga layangan yang putus tersangkut di kabel LAA.

Oleh karena itu KCIC menghimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas yang dapat membahayakan perjalanan kereta cepat salah satunya adalah bermain layangan di sekitar jalur. KCIC juga menggandeng TNI, Polisi, dan tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan hal ini.

Layangan yang tersangkut di kabel LAA dapat menyebabkan gangguan pada perjalanan kereta cepat seperti putusnya aliran listrik, putusnya kabel, hingga kerusakan sarana seperti patahnya pantograf. Selain sosialisasi, KCIC juga melakukan tindakan preventif seperti pemasangan pagar dengan kawat berduri di sepanjang jalur sejajar tanah untuk mencegah orang ataupun hewan liar masuk ke jalur. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×