BusBus Antarkota/Pariwisata

Mutiara Express, Perusahaan Otobus Baru Dengan Layanan Yang Berbeda

Bus Mutiara Express
Bus Mutiara Express ME 904 yang berangkat dari MGK Kemayoran, Jakarta Pusat menuju Surabaya. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 25/7 – Jalur Jakarta-Surabaya merupakan jalur yang cukup padat bagi penglaju yang pulang kampung, jalan-jalan, ataupun berbisnis. Di jalur ini juga tiap moda transportasi memberikan pilihan layanan dan kelas yang beragam, salah satunya bus pagi atau bus malam Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Persaingan bus di jalur ini dalam hal pelayanan memberikan yang terbaik bahkan maksimal untuk memanjakan pengguna, bahkan di kelas yang tersedia pun memiliki pilihan yang variatif seperti, VIP, Eksekutif, Super Eksekutif, hingga Sleeper. Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu pendatang baru bus AKAP, Mutiara Express.

Sejak Maret 2023 beredar informasi mengenai keberadaan perusahaan otobus (PO) satu ini yang segera berdinas pada jalur Jakarta-Surabaya PP yang menggunakan unit Sleeper Bus. Pada awal Juni perusahaan otobus ini melakukan soft launching sekaligus memperkenalkan armada busnya. Dan pada pertengahan Juli PO Mutiara Express resmi beroperasi mengaspal dari Surabaya (15/7) dan dari Jakarta (16/7).

Bus yang digunakan menggunakan model dari karoseri Laksana bodi new Legacy SR3 Panorama The Suites Class, di mana unit ini merupakan bus tidur dengan kapasitas 22 orang yang kursinya bisa direbahkan hingga 150°. Untuk sasisnya, PO Mutiara Express menggunakan merk Mercedes-Benz tipe OH 1626 NG yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara dan bertansmisi otomatis.

Memiliki armada sebanyak 6 unit. Mutiara Express setiap harinya menjalankan 2 keberangkatan dari Jakarta dan dari Surabaya. Dari kedua kota tersebut, bus sama-sama diberangkatkan pada pukul 09.00 dan 21.00. Sedangkan titik awal keberangkatan di Jakarta dari Mega Glodok Mall Kemayoran dan di Surabaya dari RedBus Lounge Medaeng. Rencananya, Mutiara Express juga akan singgah di Terminal Pulogebang sebagai titik penaikkan kedua setelah dari Kemayoran dan sebagai titik penurunan dari Medaeng.

Di dalam busnya, pengguna mendapatkan fasilitas di antaranya kursi yang dilengkapi dengan tuas reclining, bantal, selimut, lampu baca, USB port, cup holder, air mineral botol 600ml, audio video on demand (AVOD), ruang merokok, dan toilet yang dipergunakan hanya untuk buang air kecil. Selain fasilitas di dalam bus, pengguna juga mendapatkan layanan service makan.

Bila PO pada umumnya melakukan service makan di rumah makan yang bekerja sama, pada PO Mutiara Express pengguna mendapatkan layanan makan ini di restoran McDonald’s (McD) atau California Fried Chicken (CFC), di mana pengguna yang naik dari Kemayoran mendapatkan service tersebut di rest area km 57 Tol Jakarta-Cikampek, sedangkan dari Medaeng service makan bagi angkatan pagi di CFC rest area km 575 Ngawi dan angkatan malam di McD rest area km 725 Mojokerto di Tol Trans Jawa.

Service makan bus
Service makan PO Mutiara Express: paket McDonald’s…….. | Foto: Tangkapan layar dari video trip report Ahmad Wildani
Service makan bus
…….. Atau California Fried Chicken. | Foto: Tangkapan layar dari video trip report Lifka Channel

Bagaimana dengan harga tiketnya? PO Mutiara Express menetapkan harga sebesar Rp615.000. Namun selama masa pengenalan bus ini diberlakukan promo mulai dari 30% hingga pemberian voucher sebesar Rp100.000 dengan beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan pemesanan tiket dapat menggunakan aplikasi di play store Mutiara Express, website Mutiara Express, hingga aplikasi pihak ketiga seperti RedBus atau Traveloka. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×