Berita KAEventIndonesiaKAIKereta Api

Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, KAI Rilis Livery Tematik HUT RI Ke-78

Kereta Api Argo Lawu mengenakan livery HUT RI ke-78
Ilustrasi: Kereta Api Argo Lawu mengenakan livery HUT RI ke-78. | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 20/8 Bulan Agustus telah tiba, yang artinya hari ulang tahun Republik Indonesia sangat dinantikan oleh siapapun. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) merilis livery tematik HUT RI ke-78.

Dengan itu, peluncuran livery tematik ini menandakan kali ketiga PT KAI meluncurkan sebuah seragam spesial untuk rangkaian kereta dalam rangka hari kemerdekaan. Livery serupa dapat kita lihat pada HUT RI yang ke-77 dan ke-76. Baik lokomotif ataupun kereta penumpang mengenakan livery yang dominan merah ini.

Desain Livery: Masih Mirip Dengan Tahun Lalu?

livery HUT RI Ke-78 pada lokomotif CC 206 dan kereta penumpang stainless steel
Ilustrasi: Pola livery tematik HUT RI Ke-78 pada lokomotif CC 206 dan kereta penumpang stainless steel. | Foto: RED/Dimasyah Sylva

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, masih ada beberapa elemen dari livery pendahulunya. Elemen tersebut yakni: tulisan ’dirgahayu Republik Indonesia’ yang dibawa dari livery HUT RI ke-77, tulisan ‘#KAIUNTUKINDONESIA’ yang pertama kali muncul di livery HUT RI ke-74, serta warna latar belakang gradien merah yang dibawa dari livery HUT RI ke-76.

Terlepas dan beberapa hal yang masih di ‘daur ulang’, tentu saja ada beberapa hal baru yang dipasangkan pada livery saat ini. Yang pertama, logo HUT RI ke-78 yang didesain oleh SOSJ bureau beserta pola super grafis berupa pita-pita garis juga dipasangkan pada livery, baik di lokomotif ataupun kereta penumpang. Lalu yang terakhir, ada penambahan logo ASEAN Indonesia 2023

Kereta Apa Saja yang Mengenakkan Livery Ini?

Lokomotif CC 206 13 45 livery HUT RI ke-78.
Ilustrasi: Lokomotif CC 206 13 45, salah satu yang mengenakan livery HUT RI ke-78. | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Melansir dari siaran pers KAI, ada tujuh layanan kereta api jarak jauh (KAJJ) yang menggunakan livery HUT RI ke-78. Kereta-kereta tersebut meliputi Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Wilis, Argo Semeru, Argo Parahyangan, Turangga, dan Bima.

Untuk setiap kereta, pasti ada lokomotif penariknya. Berdasarkan pemantauan lapangan dari rekan Tim REDaksi, KAI telah memasang livery HUT RI Ke-78 pada 11 lokomotif. Lokomotif tersebut meliputi:

  • CC2061345 Depo Induk Sidotopo
  • CC2061501 Depo Induk Sidotopo
  • CC2061502 Depo Induk Sidotopo
  • CC2061350 Depo Induk Cipinang
  • CC2061355 Depo Induk Cipinang
  • CC2061375 Depo Induk Cipinang
  • CC2061377 Depo Induk Cipinang
  • CC2061383 Depo Induk Bandung
  • CC2061390 Depo Induk Bandung
  • CC2061394 Depo Induk Bandung
  • CCw061395 Depo Induk Bandung

Sejauh yang Tim REDaksi telah pantau, belum ada lokomotif selain seri CC 206 yang telah mengenakan livery HUT RI Ke-78.

Makna dari Livery Tematik HUT RI Ke-78

Menyadur dari siaran pers KAI, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa livery tematik ini bermaksud untuk membangkitkan semangat cinta tanah air serta  jiwa patriotisme.

“Livery Khusus peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di kereta api dan stasiun ini, merupakan implementasi semangat cinta tanah air dari KAI dalam mengelorakan jiwa patriotisme  bersama masyarakat Indonesia,”

– VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Lalu, Joni menambahkan bahwa elemen-elemen pada livery tematik ini merefleksikan nilai-nilai pada pancasila serta semangat bangsa untuk selalu tumbuh dan membangun negara.

Walau sudah memasang livery tematik kemerdekaan selama tiga tahun terakhir, KAI tidak berhenti di situ saja. Pihak pengurus stasiun-stasiun besar seperti Gambir, Yogyakarta, dan sebagainya juga memasangkan ornamen-ornamen bercorak merah putih untuk turut memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, para kru di salah satu layanan kereta bendera mengenakan seragam tentara pejuang serta membagikan makanan ringan gratis kepada para penumpang. (RED/DS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×