BusBus Rapid Transit/Perkotaan

Trans Jatim Luncurkan Rute Baru Dari dan Ke Mojokerto

Trans Jatim Giias
Ilustrasi: Bus Trans Jatim II.001 pada pameran GIIAS 2023. Unit inilah yang dipergunakan pada koridor 2 Mojokerto-Bungurasih. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 21/8 – Kawasan Surabaya Raya atau dikenal dengan Gerbangkertosusila memiliki ketambahan satu layanan transportasi massal lagi, ialah Trans Jatim koridor 2 dengan relasi Terminal Kertajaya Mojokerto-Terminal Purabaya (atau Bungurasih) Sidoarjo. Berlokasi di Terminal Kertajaya Mojokerto, acara peresmian Trans Jatim koridor 2 ini dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Khofifah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berinovasi menghadirkan dan memaksimalkan transportasi massal bagi masyarakat, setelah sebelumnya Trans Jatim koridor 1 rute Sidoarjo-Gresik PP sukses dioperasikan, kini Trans Jatim hadir melayani masyarakat Mojokerto melalui peluncuran koridor 2 ini. Lanjut Khofifah, ia juga meresmikan progam integrasi di mana pembayaran tiket bus Trans Jatim dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) milik KAI Commuter.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DISHUB JAWA TIMUR (@dishubjatim)

Selain itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono juga menjelaskan keberadaan Trans Jatim merupakan tujuan utama dalam membenahi wajah transportasi umum di Jawa Timur serta menumbuhkan minta masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Terakhir oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bahwa Trans Jatim selain angkutan yang murah dan terjangkau juga dapat meningkat UMKM khususnya bagi masyarakat yang ingin berkeliling kota Mojokerto dengan Trans Jatim.

Trans Jatim koridor 2 beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 9 malam dengan titik singgah di 53 halte yang telah disediakan, tidak lupa armada yang disediakan sebanyak 22 bus. Setiap armada Trans Jatim koridor 2 dengan nama Tribhuwana Tunggadewi ini memiliki 20 tempat duduk dan 20 pegangan tangan, 2 di antara tempat duduk tersebut dapat dilipat untuk memenuhi ruang bagi pengguna difabel. Selain itu terdapat kartu doa perjalanan tiap agama, port USB charger, dan palu pemecah kaca.

Trans Jatim
Interior bus Trans Jatim dengan berbagai fasilitas pendukung bagi pengguna bus. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Untuk pembayaran transaksi selain KMT dari KAI Commuter juga dapat memakai Kartu Uang Elektronik (KUE) terbitan bank serta menggunakan dompet digital AstraPay. Untuk harga tiket, Trans Jatim memasang tarif untuk pengguna umum sebesar Rp5.000 dan pelajar/santri sebesar Rp2.500. Namun selama masa pengenalan Trans Jatim koridor 2 dari tanggal 20-27 Agustus 2023 tidak dikenakan biaya alias gratis. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×