Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Siap Meluncur! KAI Ujicobakan Rangkaian Kereta Ekonomi New Generation Hasil Modifikasi BY Manggarai

Uji coba rangkaian kereta ekonomi New Generation meninggalkan Cikampek | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 21/9 – Setelah KAI membenarkan adanya program modifikasi kereta ekonomi 80 tempat duduk menjadi 72 tempat duduk, banyak pengguna yang jadi tidak sabar untuk menaiki. Terlebih bocoran untuk kereta ekonomi 72 tempat duduk dengan tajuk New Generation ini sudah lama luas di media sosial. Pada Selasa (19/9), akhirnya serangkaian kereta hasil modifikasi ini sudah siap untuk beroperasi dengan adanya uji coba dengan rute Manggarai-Cikampek.

Untuk program yang menjadi terobosan, branding New Generation justru cukup sulit terbaca | Foto: Zacky Fahd Mustafa

KLB uji coba ini menghela rangkaian yang terdiri dari 12 kereta ekonomi New Generation dan 1 kereta makan dan pembangkit. Dari pantauan rekan Tim REDaksi di lapangan, tampak dari luar tidak banyak perbedaan dengan kereta ekonomi 80 tempat duduk umumnya. Akan tetapi, di bawah tulisan “EKONOMI” tampak branding “New Generation”. Branding ini sendiri sangat sulit terbaca kecuali pembaca melihat dari dekat.

Rangkaian uji coba memasuki Stasiun Cikampek | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Dinas pertama kereta ekonomi New Generation ini sendiri juga sudah resmi, yakni KA Jayabaya. Mulai Senin (25/9), KA Jayabaya dari Pasar Senen akan menggunakan kereta ekonomi New Generation. Sedangkan dari Malang, pengguna KA Jayabaya akan bisa menikmati fasilitas ini mulai dari Selasa (26/9) mendatang.

Penampakan kereta kelas ekonomi 72 tempat duduk hasil modifikasi KAI | Foto: Fajar Nugros

Berdasarkan informasi yang sempat viral di media sosial, nantinya kereta ekonomi 72 tempat duduk ini akan memiliki bangku yang seluruhnya bisa berputar. Selain itu, bangku ini juga dapat dimiringkan alias reclining seat. Dengan ini, pembaca yang akan naik KA Jayabaya mulai dari 25-26 September tidak lagi harus merasakan duduk tegak dan berhadap-hadapan.

Tidak sabar naik? (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×