Berita KADebutIndonesiaKAIKereta Api

Viral, Tampilan Ekonomi 72 Tempat Duduk Modifikasi KAI

Penampakan kereta kelas ekonomi 72 tempat duduk hasil modifikasi KAI | Foto: Fajar Nugros

REDigest.web.id, 28/5 – Jagat media sosial perkeretaapian beberapa hari ini heboh dengan inovasi terbaru dari KAI. Bagaimana tidak, pasalnya KAI mengeluarkan inovasi kereta ekonomi 72 tempat duduk.

Tampak armada yang mendapat modifikasi seperti ini adalah armada kereta kelas ekonomi 80 tempat duduk Kemenhub. Salah satu armada yang diketahui mendapat modifikasi ini adalah K3 0 12 31 milik Depo Jakarta Kota. Dalam modifikasi ini, tampak pekerjaan yang mirip dengan kereta ekonomi modifikasi sebelumnya yang sudah beroperasi di KA Singasari dan Bangunkarta. Di antaranya adalah rak bagasi dan lampu penerangan model baru.

Mengutip dari cuitan Fajarnugros, tidak seperti kereta ekonomi modifikasi sebelumnya, kereta ini memiliki sejumlah keistimewaan. Selain kursi yang dapat reclining seperti kereta ekonomi Premium, kini kursinya juga dapat berputar sehingga menjadi searah dengan lajunya kereta layaknya kereta kelas eksekutif! Meski demikian, tampak pembeda yang jelas seperti tidak adanya meja makan dan kursi yang memiliki sandaran tipis.

Berdasarkan informasi dari media sosial, modifikasi kereta ekonomi ini merupakan buah karya Balai Yasa Manggarai. Dengan modifikasi ini, pelayanan KA kelas ekonomi secara perlahan memasuki era baru. Pasalnya kelas ekonomi, apapun kursinya identik dengan kursi yang tidak dapat menjadi searah dengan lajunya kereta. Hal ini berbeda dengan kelas bisnis dan eksekutif yang memang sedari awal memiliki kursi yang dapat menjadi searah dengan laju kereta.

Respons warganet di media sosial pun kebanyakan positif. Mereka menganggap modifikasi ini merupakan hasil dari keluhan terus menerus terhadap KAI. Pasalnya tidak sedikit warganet yang memang meminta agar kereta ekonomi kursi tegak dihapuskan. Tidak hanya itu, mereka juga memang telah meminta agar kereta ekonomi memiliki kursi yang dapat menjadi searah dengan laju kereta.

Meski demikian, beberapa warganet juga mencatat adanya posisi “tembok ratapan” pada kereta modifikasi ini. Hal ini karena beberapa baris kursi tidak mendapatkan jendela. Fenomena yang sama juga terjadi pada kereta ekonomi hasil modifikasi sebelumnya.

Respons KAI

Foto lain dari unit K3 0 12 31 yang mendapat modifikasi. Tampak model langit-langit yang mendapatkan perubahan cukup masif. | Foto: Muhammad Dava Arvarbi

Pihak KAI pun pada akhirnya menanggapi viralnya kereta ekonomi modifikasi ini. Melansir dari Kompas, pada Kamis (25/5) Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan tidak menutup kemungkinan adanya “penyesuaian harga tiket”. Selain menanggapi kursi, Didiek juga mengatakan adanya program perbaikan toilet dan penyediaan tempat beribadah di atas KA.

Sementara VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan sudah ada empat unit kereta yang mendapat modifikasi ini. Modifikasi kereta kelas ekonomi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada KA kelas ekonomi. Untuk saat ini, belum ada informasi dari KAI kapan kereta ini akan berdinas, ataupun KA apa saja yang akan terlayani kereta jenis ini. Tidak sabar mencoba? (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Viral, Tampilan Ekonomi 72 Tempat Duduk Modifikasi KAI

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×