Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jakarta

LRT Jakarta Diperpanjang Sampai Manggarai, Begini Rencana Pembangunannya

LRT Jakarta
Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berbelok memasuki jalur 2 Stasiun Velodrome | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 13/12 – LRT Jakarta saat ini tengah melakukan pembangunan jalur fase 1B yang menghubungkan Stasiun Velodrome dengan Stasiun Manggarai. Lantas sebagian dari pecinta kereta api dan masyarakat bertanya-tanya bagaimana jalur ini jadinya nanti? Dalam Forum Group Discussion yang diadakan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) yang diadakan pada Selasa (12/12) kemarin, LRT Jakarta menjelaskan rencana proyek fase 1B yang saat ini tengah digarap.

Proyek LRT Jakarta fase 1B nantinya akan membentang sejauh 6,4 kilometer dari Stasiun Velodrome hingga Stasiun Manggarai. Nantinya akan ada 5 stasiun di sepanjang jalur ini yakni Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Nantinya kelima stasiun ini akan terintegrasi dengan sejumlah halte TransJakarta di Koridor 4 serta stasiun Commuter Line.

Di antaranya adalah Halte Sunan Giri dengan Stasiun Rawamangun, Halte Pramuka BPKP dengan Stasiun Pramuka BPKP, Halte Pasar Genjing dengan Stasiun Pasar Pramuka, Halte Matraman dengan Stasiun Matraman, dan Halte Manggarai dan Stasiun Sentral Manggarai dengan Stasiun Manggarai. Nantinya direncanakan stasiun-stasiun ini akan terhubung dengan halte TransJakarta dan stasiun Commuter Line menggunakan jembatan pedestrian.

Diproyeksikan headway antar kereta berkisar 5 sampai 10 menit sekali dengan jumlah perjalanan KA sebanyak 209 sampai 273 perjalanan dan waktu tempuh 27 menit. Ada yang unik dalam pemaparan ini yakni rencana pembangunan stasiun sentral LRT Jakarta di Stasiun Rawamangun.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya kalau ada rencana pembangunan jalur yang menghubungkan antara Stasiun Velodrome dengan Stasiun Halim. Nantinya percabangan akan dibuat di Stasiun Rawamangun yang mana 2 jalur akan digunakan untuk arah Halim dan 2 jalur lagi akan digunakan untuk arah Pegangsaan Dua.

Dari pemantauan Tim REDaksi di lapangan terpantau pembangunan LRT Jakarta saat ini sudah memasuki tahap pengeboran untuk pondasi jalur dan stasiun. Seperti di kawasan Minangkabau yang nantinya akan dibangun Stasiun LRT Manggarai, jalur busway ditutup untuk kedua arah dan area proyek sudah ditutup dengan seng. Ditargetkan Jalur LRT Jakarta Fase 1B akan rampung sampai Pasar Pramuka pada 2024 dan sampai Manggarai pada 2025 mendatang. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×