Berita KADebutIndonesiaKereta Api

KAI Perlihatkan Rangkaian Baru Argo Dwipangga

Rangkaian baru Argo Dwipangga yang sedang dikirim ke Depo Solo Balapan pada 18 November 2023 lalu | Foto: Ahmad Syarif Hidayatullah

REDigest.web.id, 14/12 – KAI kembali memperlihatkan sarana kereta api eksekutif dan Luxurynya kepada publik. Kali ini yang diperlihatkan adalah sarana K1 buatan tahun 2023 untuk KA Argo Dwipangga. Pada 9 Desember lalu rangkaian baru ini menjalani uji dinamis dari Solo Balapan hingga Cirebon.

Rangkaian eksekutif stainless steel buatan INKA ini terlihat berbeda dari rangkaian stainless sebelumnya. Kereta eksekutif rangkaian Argo Dwipangga ini menggunakan livery baru berwarna merah dengan gambar Keraton Solo di tengah bertuliskan Argo Dwipangga.

Livery baru yang digunakan pada eksterior rangkaian Argo Dwipangga | Foto: Trian Anugrah

Interior kereta pun dibuat berbeda dari kereta stainless generasi sebelumnya. Pada kereta stainless Argo Dwipangga ini interior kereta dibuat seperti interior kereta cepat sehingga terlihat elegan, mewah, sekaligus modern.

Kursi kereta pun juga berbeda dibandingkan kereta stainless generasi sebelumnya. Pada kereta eksekutif kursi kereta berwarna biru lengkap dengan sandaran kepala. Seperti kursi pada kereta stainless steel buatan 2018, kursi kereta ini juga memiliki bahan dari kulit.

Fitur yang terdapat di kereta eksekutif baru ini sama seperti kereta eksekutif lainnya yakni stop kontak di pinggir untuk mengisi ulang baterai gadget. Akan tetapi, sekarang juga ada colokan USB di tengah kursi, dan audio jack yang telah ada sejak kereta stainless steel 2018.

Tampak interior kereta eksekutif baru Argo Dwipangga | Foto: KAI

Sementara pada kelas Luxury bangku kereta dibuat berwarna krem. Sama seperti kereta Luxury lainnya, kursi dapat direbahkan hingga 140 derajat dan dilengkapi sekat untuk memberikan privasi bagi penumpang. Selain itu tiap kursi juga dilengkapi dengan TV on demand, lampu baca, stop kontak, serta colokan USB.

Kursi yang digunakan di kereta eksekutif dan Luxury Argo Dwipangga dibuat oleh perusahaan dalam negeri yakni Dtech Engineering.

Tampak interior kereta luxury baru Argo Dwipangga | Foto: KAI

Sementara di kereta makan, kursi kereta dibuat seperti sofa guna memberikan kenyamanan bagi penumpang. Meja ditambahkan ornamen kayu guna memberikan kesan nyaman. Interior ala kereta cepat ditambah dengan ornamen ukiran kayu khas Jawa memberikan kesan tradisional sekaligus modern.

Interior kereta makan baru Argo Dwipangga | Foto: KAI

Selain itu pada setiap kereta eksekutif terdapat dua toilet yang dipisahkan untuk pria dan wanita. Pintu bordes dan pintu kereta dapat dibuka secara otomatis menggunakan sensor tangan yang ada di pintu. Fitur ini sedikit berbeda dari yang ada pada rangkaian kereta eksekutif “gendut” Argo Bromo Anggrek dahulu. Di mana pintu ini dioperasikan dengan menggunakan tombol.

Perubahan juga dilakukan pada jendela kereta yang menggunakan tempered glass yang lebih tebal untuk mengurangi paparan sinar UV yang masuk ke dalam kereta sehingga tidak terasa silau dan panas.

Rangkaian eksekutif dan luxury baru KA Argo Dwipangga ini telah beroperasi mengangkut penumpang pada 13 Desember kemarin guna mendukung angkutan masa Natal dan Tahun Baru. VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan ke depannya rangkaian stainless New Generation ini juga akan dioperasikan pada KA lainnya secara bertahap. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KAI Perlihatkan Rangkaian Baru Argo Dwipangga

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×