Berita KAIndonesiaKereta Api

KA Pandalungan “Ngedrift” di Stasiun Tanggulangin

Lokomotif CC2018348 yang menarik kereta penolong untuk evakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Tanggulangin | Foto: Istimewa

REDigest.web.id, 14/1 – Kecelakaan kereta api kembali terjadi di Pulau Jawa. KA 75A Padalungan relasi Gambir-Jember dari Surabaya Pasar Turi anjlok sebanyak 10 as di wesel masuk Stasiun Tanggulangin pada Minggu (14/1) pagi. Dari informasi yang diperoleh Tim REDaksi, kereta anjlok pada pukul 08.57 pagi.

Dari video yang diunggah di media sosial terlihat detik-detik anjloknya KA Pandalungan. Video terlihat direkam dari rangkaian KA Commuter Line Penataran yang tengah menunggu waktu bersilang di Stasiun Tanggulangin.

KA Pandalungan yang anjlok. Tampak sebuah crane sedang mengevakuasi kereta pembangkit, sedangkan lokomotif CC2039804 terlihat miring ke kanan | Foto: Istimewa

Saat kejadian kereta sedang melintasi wesel seperti biasanya. Saat bogie belakang lokomotif C2039804 yang menarik KA Pandalungan melintasi wesel tiba-tiba berbelok bersama dengan kereta pembangkit di belakangnya. Alhasil lokomotif mengalami multi track drifting dan terguling.

[Edit] Bukan melanggar sinyal ges

Kabarnya, kedudukan wesel berada di tengah² tidak menuju lurus dan tidak menuju…

Posted by Alif Aditya on Saturday, 13 January 2024

Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi masih berlangsung. Kereta penolong milik Dipo Lokomotif Sidotopo dan Crane Kirow dari Solo Balapan diturunkan untuk mengevakuasi lokomotif dan rangkaian Pandalungan.

Sisa rangkaian KA Pandalungan yang selamat di Stasiun Sidoarjo | Foto: Istimewa

Sisa rangkaian KA Padalungan yang selamat telah ditarik ke Stasiun Sidoarjo. Akibat kejadian ini Lintas Surabaya Gubeng-Bangil tidak dapat dilintasi kereta hingga proses evakuasi selesai dilakukan.(RED/BTS)

Perbaruan, 15 Januari – Pada Senin (15/1) dini hari, proses evakuasi anjlokan KA Pandalungan telah selesai pada pukul 00.22. KA pertama yang melewati jalur lokasi anjlokan adalah KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Ketapang (Banyuwangi) pada pukul 03.11.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×