Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Kereta Cepat Diperpanjang Sampai Surabaya, Begini Trasenya

Sarana Kereta Cepat
Ilustrasi: kereta cepat | Foto: KAI

REDigest.web.id, 26/1 – KCIC saat ini terus membahas rencana perpanjangan rute kereta cepat hingga Surabaya, Jawa Timur. Seperti dikutip dari Bisnis.com, Dirut KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kemenhub dan Kemenkomarves mengenai rencana ini.

Meski direncanakan sampai Surabaya, namun untuk tahap awal rencananya pembangunan akan dilakukan sampai Yogyakarta. Pembangunan dilakukan bertahap dengan mempertimbangkan waktu konstruksi dan biaya.

Meski demikian, Dwiyana enggan membocorkan trase yang akan dilewati untuk mencegah adanya spekulan yang dikhawatirkan akan memainkan harga tanah. Sebelum konstruksi dimulai, studi kelayakan akan dilakukan termasuk penentuan trase jalur.

Dari informasi yang beredar di sejumlah media, perpanjangan jalur kereta cepat yang ada saat ini rencananya akan melewati wilayah Kertajati, Banyumas, Yogyakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, dan berakhir di Surabaya dengan kecepatan maksimal 350 km/jam.

Selain kereta cepat yang ada saat ini, nantinya juga akan dibangun jalur kereta cepat Merah Putih yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya via Pantura dengan kecepatan hingga 230 km/jam. Sarananya sendiri nantinya akan menggunakan kereta cepat hasil pengembangan LPDP, BRIN, dan INKA. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×