Berita KAInternasionalKereta Api

Tiongkok Sukses Ujicobakan Kereta Perkotaan Tenaga Hidrogen

Kereta perkotaan tenaga hidrogen yang dikembangkan CRRC | Foto: CGTN

REDigest.web.id, 25/3 – Pabrikan kereta api Tiongkok, CRRC Changchun, sukses melakukan uji performa pada kereta perkotaan bertenaga hidrogen pertamanya. Seperti dikutip dari Xinhua, uji performa dilakukan pada Kamis (21/3) lalu.

Uji performa dilakukan di jalur uji di kawasan Changchun, Provinsi Jilin. Uji performa dilakukan secara menyeluruh pada sistem dalam segala skenario dan performa dari segala level. Kereta diuji dengan menggebernya dalam kecepatan maksimal hingga 160 km/jam.

Berbeda dengan kebanyakan kereta perkotaan yang menggunakan mesin diesel atau listrik aliran atas, kereta perkotaan ini sepenuhnya menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaganya. Dalam sekali pengisian hidrogen, kereta ini dapat menempuh perjalanan hingga di atas 1.000 kilometer.

Dari data hasil ujicoba menunjukan rata-rata konsumsi daya pada kereta ini sekitar 5 kWh per kilometer. Ini merupakan terobosan baru dalam pengembangan kereta api bertenaga hidrogen. Terlebih kereta ini dikembangkan sendiri oleh Tiongkok. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×