Berita KAInternasionalKereta ApiKereta Cepat

Brunei Berencana Bangun Kereta Cepat Antar Negara di Kalimantan

Ilustrasi: salah satu masjid di Brunei Darussalam | Foto: Tripadvisor

REDigest.web.id, 4/4 – Perusahaan Brunei Darussalam, Brunergy Utama, berencana akan membangun jalur kereta cepat antarnegara di Kalimantan. Dikutip dari Nikkei Asia, Brunergy Utama sendiri merupakan perusahaan minyak dan gas asal Brunei Darussalam.

Proyek jalur Trans-Borneo ini sendiri membentang sejauh 1620 kilometer dari wilayah barat Kalimantan hingga wilayah timur Kalimantan melintasi 3 negara yakni Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Dari rilis yang dikeluarkan, tahap 1 jalur Trans-Borneo ini nantinya akan menghubungkan Pontianak dengan Kuching, Kinabalu, dan Distrik Tutong di Brunei.

Tahap 2 jalur Trans-Borneo nantinya akan menghubungkan Tutong dengan Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur termasuk Kota Samarinda, Balikpapan, dan Ibukota Nusantara. Nantinya akan ada 24 stasiun perhentian dengan 4 hub penghubung kereta cepat. Direncanakan kereta cepat ini dapat melaju hingga 350 km/jam. Ditaksir proyek ini akan memakan biaya sebesar USD70 miliar.

Meski menghubungkan 3 negara, baik dari pihak Brunei, Indonesia, ataupun Malaysia masih belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai proyek ini. Kepala Wilayah Sarawak Abang Johari Openg mengatakan pihaknya masih belum mendapat kabar dari Brunergy mengenai proyek ini.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan masih belum menerima rencana mengenai proyek ini. Menteri Transportasi dan Komunikasi Brunei Shamhari Mustapha mengatakan proposal proyek ini sendiri masih belum dibahas oleh Pemerintah Pusat. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Brunei Berencana Bangun Kereta Cepat Antar Negara di Kalimantan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×