Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Indonesia dan Tiongkok Bentuk Tim Perpanjangan Kereta Cepat ke Surabaya

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dan Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan dalam pertemuan tingkat tinggi di Labuan Bajo | Foto: Kemenkomarves

REDigest.web.id, 23/4 – Tiongkok dan Indonesia akan membentuk tim khusus guna merencanakan perpanjangan jalur kereta cepat hingga ke Surabaya. Seperti dikutip dari Jakartaglobe, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sudah ada pembicaraan mengenai rencana perpanjangan ini dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi.

Ia juga menjelaskan kedua pihak telah sepakat untuk membentuk tim untuk perpanjangan ini dalam waktu dekat. Sejak beroperasi pada Oktober 2023 lalu, Kereta Cepat Jakarta Bandung mencatatkan pertumbuhan penumpang yang signifikan terutama pada arus mudik dan balik Lebaran.

Dalam arus mudik dan balik Lebaran lalu tercatat sebanyak 21.500 orang penumpang naik kereta cepat pada 15 April. Dari banyaknya penumpang kereta cepat semasa arus mudik menurut Luhut menjadi alasan kenapa kereta cepat harus diperpanjang sampai Surabaya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga membahas rencana perpanjangan ini dengan Wang Yi di Istana Negara pada minggu lalu. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden menekankan transfer teknologi serta rencana perpanjangan jalur kereta cepat.

KCIC sendiri mengaminkan rencana perpanjangan jalur kereta cepat hingga Surabaya. Untuk tahap pertama, perpanjangan, rencananya akan dilakukan hingga Yogyakarta. Namun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari KCIC mengenai kapan perpanjangan akan dilakukan. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×