Fakta KAInternasionalKereta ApiKereta CepatTeknologi

Mengenal Ironlev, Maglev Murah Meriah Dari Italia

Purwarupa maglev Ironlev buatan Italia | Foto: website Ironlev

REDigest.web.id, 21/4 – Maglev. Ketika anda mendengar kata tersebut pastinya terbayang kereta yang bergerak menggunakan magnet dan beroperasi dalam kecepatan tinggi. Jika kita bicara soal maglev pastinya tidak jauh dari kereta yang sudah ada seperti Maglev Shanghai dan L0 Shinkansen.

Sejak pertama kali dikembangkan pada 1962 oleh Dr. Erick Laithwaite, maglev menjadi gambaran masa depan perkeretaapian dunia. Namun sayangnya tidak semua negara bahkan negara maju sekalipun bisa mengembangkan kereta bertenaga magnet ini.

Biaya riset dan pembangunan infrastruktur yang mahal menjadi masalah bagi banyak negara untuk mengembangkan maglev. Guna mengatasi masalah tersebut, sebuah perusahaan startup asal Italia, Ironlev, mengembangkan kereta maglev berbiaya murah.

Purwarupa maglev Ironlev yang diujicoba pada jalur kereta api di wilayah Veneto, Italia | Foto: Ironlev

Seperti dikutip dari website resminya, Ironlev mengatakan kereta maglev buatannya dapat menjadi solusi pembangunan maglev yang mahal dan kompleks. Selain itu, maglev buatan Ironlev ini juga diklaim menjadi solusi untuk kereta api yang ramah lingkungan, minim polusi suara, dan nyaman untuk penumpang.

Lain dengan maglev yang sudah ada seperti Shanghai Maglev atau L0 Shinkansen, maglev buatan Ironlev tidak memerlukan jalur khusus dan dapat beroperasi di jalur kereta api yang sudah ada bahkan tanpa perlu membangun ulang atau memodifikasi jalurnya. Bahkan teknologi Ironlev dapat diaplikasikan dalam bentuk lainnya seperti hyperloop atau monorel.

Cara kerja dari maglev Ironlev pada dasarnya sama seperti maglev pada umumnya yang memanfaatkan penolakan kutub yang sama pada magnet. Bedanya magnet yang digunakan Ironlev lebih kecil sehingga dapat diaplikasikan pada rel kereta api biasa.

Hal tersebut dibuktikan dalam uji coba yang dilakukan di jalur kereta api Adria-Mestre, Veneto, Italia pada 12 Maret 2024 lalu. Purwarupa seberat 1 ton ini sukses melaju di jalur sejauh 2 kilometer dengan kecepatan hingga 70 km/jam. Purwarupa ini juga dapat beroperasi secara mandiri tanpa masinis.

Ke depannya Ironlev akan mengembangkan purwarupa maglev ini agar dapat melaju hingga kecepatan 200 km/jam serta dapat digunakan untuk angkutan penumpang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×