Berita KAInternasionalKereta Api

KTX Luncurkan Kereta Cepat Cheong-ryong

Kereta cepat baru KTX, Cheong-ryong, yang diresmikan operasionalnya pada 1 April | Foto: namu.wiki

REDigest.web.id, 2/4 – Korea Selatan meluncurkan kereta cepat terbaru mereka yang diberi nama KTX Cheong-ryeong pada Senin (1/4). Seperti dikutip dari Korea Herald, peluncuran kereta cepat baru ini dilakukan secara langsung oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Stasiun Daejeon.

Peluncuran KTX Cheong-ryeong sekaligus merayakan 20 tahun beroperasinya kereta cepat KTX. Rangkaian KTX Cheong-ryeong bisa dikatakan istimewa karena pengembangan dan produksi kereta sepenuhnya dilakukan di dalam negeri Korea Selatan dan dapat melampaui 300 km/jam.

Seperti dikutip dari Namu.wiki, kereta cepat dengan seri EMU-320 ini didesain oleh perusahaan Citrus Design dan diproduksi oleh pabrikan Hyundai Rotem. Berbeda dengan pendahulunya yakni KTX-I dan KTX-Sancheon yang menggunakan basis TGV di mana penggerak kereta ditempatkan di lokomotif, KTX Cheong-ryeong menggunakan sistem multiple unit seperti yang digunakan oleh Shinkansen dan CRH.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (dua dari kanan) yang ikut dalam peresmian KTX Cheong-ryeong | Foto: Kantor Staff Kepresidenan Korsel/The Korea Herald

Rangkaian KTX Cheong-ryeong dapat dipacu hingga kecepatan 320 km/jam sehingga diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Seoul-Busan menjadi 2 jam 10 menit serta Stasiun Yongsan di Seoul hingga Gwangju menjadi 1,5 jam saja.

Di tahap awal operasionalnya, nantinya rangkaian KTX Cheong-ryeong akan beroperasi 4 kali sehari di rute Seoul-Busan dan 2 kali sehari di rute Seoul-Gwangju. Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengatakan ke depannya jam operasional KTX Cheong-ryeong akan ditambah secara bertahap. Selain itu Yoon mengatakan akan ada rute kereta cepat baru yang menghubungkan Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi hingga Osong, Provinsi Chungcheong Utara pada 2028 mendatang.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×