Berita KAInternasionalKereta Api

Perusahaan Kereta Api Nasional Belanda Rayakan Karnaval di Stasiun dan Kereta

Karnaval 2024 di Stasiun NS Tilburg | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS Tilburg | Foto: NS/ Annemieke van Put

REDigest.web.id, 1/4 – Perusahaan Kereta Api Nasional Belanda atau biasa disebut Nederlandse Spoorwegen (NS) merayakan karnaval pada area stasiun dan di dalam kereta api miliknya. Pada perayaan karnaval kali ini, NS berupaya untuk menjaga kebersihan area sekitar stasiun dan kereta. Inisiatif ini datang berkat sebuah lagu dari seorang penyanyi bernama Sam de Vries yang berbunyi ‘Carnaval, je wordt vrolijk als je het ziet. Het is ook echt van alles, maar hygënisch is het niet’ atau yang berarti ‘Karnaval, kamu menjadi bahagia ketika melihatnya. Itu sungguh segalanya tetapi itu tidaklah higienis.’

Mengutamakan Kebersihan

Oleh karenanya, NS mengerahkan sebanyak 250 orang petugas kebersihan tambahan untuk memastikan agar stasiun dan kereta tetap bersih hingga menugaskan kondektur untuk meminta penumpang membersihkan lebih banyak sampah dari kereta. Para pekerja tambahan bekerja pada siang dan malam hari dan lebih banyak petugas kebersihan yang bertugas setelah jadwal kereta berakhir di malam hari.

Sampah di dalam layanan kereta NS | Foto: NS
Sampah di dalam layanan kereta NS | Foto: NS

Tempat sampah tambahan diletakkan di banyak stasiun, toilet dibuka lebih lama, dan toilet umum berdiri portabel ditempatkan di sekitar area stasiun. NS juga meminta penumpang untuk membuang sampahnya di tempat sampah yang telah tersedia.

Memaksimalkan Jadwal Perjalanan

NS menjalankan banyak kereta tambahan hingga memperpanjang jam operasi layanan. Kereta tambahan dikerahkan antara Stasiun NS Breda hingga Stasiun NS Rotterdam pada Sabtu dan Minggu malam. Semua stasiun di Brabant dan Weert dilayani setidaknya sebanyak dua kali dalam satu jam selama karnaval pada akhir pekan.

Penyambutan dengan Penghormatan

Turut hadir pula ‘Pangeran’ Amadeiro XXVII di Oeteldonk Centraol (‘s-Hertogenbosch) dengan penyambutan dan pemberian kalung resmi kepadanya.

Karnaval 2024 di Stasiun NS 's-Hertogenbosch | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS-Hertogenbosch | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS Eindhoven Centraal | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS Eindhoven Centraal | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS Maastricht | Foto: NS/ Annemieke van Put
Karnaval 2024 di Stasiun NS Maastricht | Foto: NS/ Annemieke van Put

Pembagian Emblem Gratis Ekslusif

Selama perayaan karnaval ini, NS juga membagikan ratusan emblem atau pin bertemakan karnaval dan berlogo NS kepada masyarakat dan para pelancong.

Emblem karnaval 2024 ekslusif dari NS | Foto: NS/ Arno Leblanc
Emblem karnaval 2024 ekslusif dari NS | Foto: NS/ Arno Leblanc

Totalitas tanpa Batas

Uniknya, banyak stasiun NS yang kembali dicat dengan warna-warna bertemakan karnaval untuk memeriahkan suasana. Keunikan juga terlihat pada aplikasi NS Reisplanner dengan adanya penambahan nama tempat berdasarkan nama karnaval yang digelar misalnya saja Boemeldam di Purmerend dan Wraaiburg di Den Helder.

Info perjalanan terkait karnaval pada aplikasi NS Reisplanner | Foto: NS
Info perjalanan terkait karnaval pada aplikasi NS Reisplanner | Foto: NS

Bagaimana dengan Indonesia?

Jadi, bagaimana PT Kereta Api Indonesia (Persero)/ KAI? Apakah tertarik membuat acara sejenis di Indonesia? Stasiun berwarna karnaval, livery kereta tematik karnaval, hiasan interior kereta beraura karnaval, hingga pakaian petugas kereta bertemakan karnaval sepertinya dapat menjadi daya tarik yang sangat unik dan menyenangkan bagi railfans dan para penumpang setia PT KAI. (RED/ AFD)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×