Berita KAInternasionalKereta Api

Vietnam Berencana Bangun Jalur Kereta Cepat ke Tiongkok

CRH3X
Ilustrasi: Rangkaian kereta cepat CRH3X produksi CRRH Tangshan | Foto: Railjournal

REDigest.web.id, 11/4 – Pemerintah Vietnam berencana untuk membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan negaranya dengan Tiongkok. Seperti dikutip dari CNN, tak hanya satu, Vietnam berencana membangun dua jalur kereta cepat ke Tiongkok yang ditargetkan selesai sebelum 2030.

Meski hubungan politiknya tengah panas karena isu Laut Cina Selatan, Vietnam dan Tiongkok bisa dikatakan merupakan dua teman dagang yang baik. Selama ini kedua negara terhubung melalui jaringan jalan raya dan rel kereta lama yang memerlukan upgrade terutama di sisi Vietnam untuk meningkatkan kapasitasnya.

Jalur kereta cepat ini nantinya akan menghubungkan kota pelabuhan Haiphong dan Quang Ninh dengan Provinsi Lao Chai yang berbatasan dengan Provinsi Yunnan di Tiongkok via Hanoi.

Jalur kereta cepat lainnya rencananya menghubungkan Hanoi dengan Provinsi Lang Son yang berbatasan dengan Provinsi Guangxi di Tiongkok yang melewati kawasan padat penduduk dan kawasan industri.

Selain itu, Vietnam juga berencana membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan Hanoi dan Ho Chi Minh. Meski demikian pihak Kementerian Transportasi Vietnam tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai rencana ini.

Pada awal bulan April, Pemerintah Vietnam mengatakan keinginannya untuk mempelajari pengembangan kereta cepat dengan Tiongkok. Pihaknya juga telah mengirimkan sejumlah pegawai ke Tiongkok untuk bekerja dengan perusahaan kereta api di sana.

Ketua Dewan Nasional Vietnam Vuong Dinh Huo bertemu dengan pejabat tinggi perusahaan kereta api Tiongkok dalam kunjungannya ke Beijing pada Senin lalu. Pertemuan ini dijembatani oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×