Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Jaga Keuangan Perusahaan, KAI Minta Sejumlah Keringanan ke Pemerintah

gopar kcic
Ilustrasi Argo Parahyangan dan Kereta Cepat | Foto: Septian Alfiansyah, KCIC

REDigest.web.id, 2/5 – KAI mengajukan keringanan pada sejumlah biaya kepada pemerintah. Mengutip dari situs Bisnis.com, KAI meminta pengajuan keringanan usai dana pinjaman dari China Development Bank (CDB) sebesar Rp6,98 triliun cair pada 7 Februari lalu.

EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiaji mengatakan pinjaman dari CDB ini nantinya akan digunakan untuk menambal pembengkakan biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Dana pinjaman ini sendiri terbagi dalam dua paket.

Yakni paket A Rp3,6 triliun dan paket B sebesar Rp3,38 triliun. Dana pinjaman ini akan masuk ke dalam hutang perusahaan yang ditanggung oleh KAI selaku pemimpin konsorsium BUMN dalam proyek kereta cepat. Oleh karena itu KAI mengajukan sejumlah keringanan kepada Komite Kereta Cepat yang beranggotakan Menkomarves, Menkeu, Menhub, dan Menteri BUMN.

Kereta Ukur Jalan Rel dan LAA Plasser&Theurer EM 120 di Stasiun Depok | Foto: Rizki Fajar Novanto/REDIGEST
Kereta Ukur Jalan Rel dan LAA Plasser & Theurer EM 120 di Stasiun Depok | Foto: Rizki Fajar Novanto

Keringanan tersebut di antaranya adalah penyertaan modal negara (PMN), pembebasan biaya infrastructure, maintenance, and operation (IMO), dan pembebasan track access charge (TAC). Mengenai IMO, Kemenhub telah mengeluarkan regulasi baru yang memungkinkan adanya pembagian biaya antara operator dan regulator atau dalam hal ini KAI dan DJKA.

Agus juga mengatakan pertimbangan lain pengajuan keringanan adalah biaya operasional kereta cepat itu sendiri. Pasalnya jika skenario terburuk target penumpang tidak tercapai ditakutkan biaya operasional akan defisit.

Selain itu, KAI yang saat ini tengah melakukan pembaharuan sarana besar-besaran lewat pembelian kereta, gerbong, lokomotif, hingga KRL baru yang tentunya membutuhkan anggaran yang besar. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×