“Bus” Otonom CRRC Qingdao Sifang Gagal Uji di IKN, Ke Mana Hilangnya “Bus” Otonom CRRC Zhuzhou?
REDigest.web.id, 10/11 – Awalnya di IKN, terencana dua kegiatan uji coba atau Proof of Concept (PoC). Antara lain dua Trem Otonom Terpadu (TOT) alias Autonomous Rapid Transit yang juga kadang disebut “bus gandeng” otonom. “Bus gandeng” yang hadir dengan ban karet dan berpenampilan luar mirip trem ini datang dari dua pabrikan asal Tiongkok yakni CRRC Zhuzhou dan CRRC Qingdao Sifang.
Proses PoC ini terlaksana di jalur khusus yang tercampur dengan kendaraan lain di jalan raya mulai tanggal 12 September 2024 hingga 22 Oktober 2024 silam. Proses PoC ini sendiri menguji kemampuan pengereman darurat, kemampuan otonom, dan performa baterai.
Sekadar mengingatkan, “bus gandeng” pabrikan CRRC Zhuzhou sudah mengaspal dan mengangkut penumpang di Tiongkok. Di sisi lain, “bus gandeng” otonom pabrikan CRRC Qingdao Sifang masih dalam bentuk prototipe atau purwarupa. Mengutip dari Kompas, “Bus otonom” CRRC Zhuzhou sebenarnya telah datang di Pelabuhan Kariangau Terminal di Balikpapan Kalimantan Timur sejak 27 Juli 2024. Proof of Concept (PoC) yang tidak terlaksana menyebabkan “bus” ini hingga ditarik kembali.
Justru “bus otonom” dari CRRC Qingdao Sifang yang menjalani PoC di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN). Dukungan uji coba datang dari ahli transportasi, teknologi pengendalian tiga perguruan tinggi, organisasi pekerja, dan praktisi profesi. Ternyata hasilnya “bus otonom” CRRC Qingdao Sifang tidak lulus uji karena tidak berfungsi otomatis. Supirnya tetap harus pegang stir dan sigap ambil kendali saat situasi darurat. Perencanaan kecepatan dan pengereman untuk setiap jalur juga nihil. Belum lagi tiada kemampuan untuk berjalan dua arah.
Alhasil untuk saat ini, belum ada TOT yang aman untuk mengaspal di Indonesia (RED/ AFD)