Hebat! Lokomotif di Amerika Ini Berstandar Emisi Tier-4
Menyusul diberlakukannya standar emisi baru yaitu Tier 4 untuk sarana perkeretaapian yang ditetapkan oleh United States Environmental Protection Agency (EPA), pabrikan-pabrikan lokomotif di Amerika Serikat diharuskan untuk membuat lokomotif baru yang memenuhi standar emisi baru tersebut.
Sebelum kita masuk ke lokomotifnya, kita bahas dulu apa itu standar emisi Tier 4. Tier 4 adalah standar emisi yang membutuhkan aftertreatment untuk gas buangan lokomotif, seperti menggunakan filter partikulat untuk mengontrol masalah partikulat, dan pengurangan katalitik selektif dengan urea untuk mengontrol emisi nitrogen monoksida. Tier 4 juga mengharuskan bahan bakar lokomotif menggunakan bahan bakar dengan kadar belerang rendah 15 ppm. Tier 4 diperkenalkan pada tahun 2004, dan mulai berlaku sejak 1 Januari 2015.
Tabel
Standar Emisi Lokomotif Jalur Utama, gram/tenaga kuda·jam |
||||||
Tier
|
Tahun Pembuatan
|
Berlaku
|
Hidrokarbon
|
Karbon Monoksida
|
Nitrogen Monoksida
|
Masalah Partikulat
|
Tier 0a
|
1973-1992c
|
2010d
|
1.00
|
5.0
|
8.0
|
0.22
|
Tier 1a
|
1993c-2004
|
2010d
|
0.55
|
2.2
|
7.4
|
0.22
|
Tier 2a
|
2005-2011
|
2010d
|
0.30
|
1.5
|
5.5
|
0.10e
|
Tier 3b
|
2012-2014
|
2012
|
0.30
|
1.5
|
5.5
|
0.10
|
Tier 4
|
2015 or later
|
2015
|
0.14f
|
1.5
|
1.3f
|
0.03
|
a – Lokomotif jalur
utama tier 0-2 juga harus memenuhi standar lokomotif langsir di tier yang sama.
b – Lokomotif jalur utama tier 3 harus memenuhi standar tier 2.
c – Lokomotif buatan 1993-2001 yang tidak dilengkapi sistem pendingin udara
intake tunduk kepada Tier 0 dan bukan Tier 1. d – Pada awal 2008 jika disetujui kit upgrade mesin menjadi tersedia.
e – 0.20 g/tenaga kuda-jam sampai 1 Januari 2013 (dengan beberapa
pengecualian). f – Produsen dapat memilih untuk memenuhi gabungan standar nitrogen monoksida
+ hidrokarbon 1.4 g/tenaga kuda-jam. |
Tabel 1 | Sumber
Tabel
Standar Emisi Lokomotif Langsir, gram/tenaga kuda·jam |
||||||
Tier
|
Tahun Pembuatan
|
Berlaku
|
Hidrokarbon
|
Karbon Monoksida
|
Nitrogen Monoksida
|
Masalah Partikulat
|
Tier 0
|
1973-2001
|
2010b
|
2.10
|
8.0
|
11.8
|
0.26
|
Tier 1a
|
2002-2004
|
2010b
|
1.20
|
2.5
|
11.0
|
0.26
|
Tier 2a
|
2005-2010
|
2010b
|
0.60
|
2.4
|
8.1
|
0.13c
|
Tier 3
|
2011-2014
|
2011
|
0.60
|
2.4
|
5.0
|
0.10
|
Tier 4
|
2015 or later
|
2015
|
0.14d
|
2.4
|
1.3d
|
0.03
|
a – Lokomotif langsir
tier 1-2 juga harus memenuhi standar lokomotif jalur utama di tier yang sama.
b – Pada awal 2008 jika disetujui kit upgrade mesin menjadi tersedia.
c – 0.24 g/tenaga kuda-jam sampai 1 Januari 2013 (dengan beberapa
pengecualian). d – Produsen dapat memilih untuk memenuhi gabungan standar nitrogen monoksida
+ hidrokarbon 1.3 g/tenaga kuda-jam. |
 Tabel 2 | Sumber
Pabrikan pertama yang selesai membuat lokomotif Tier 4 adalah General Electric. General Electric membuat tipe ET44AC sebagai penyempurnaan dari ES44AC yang sudah terlebih dahulu sukses. Lokomotif ini menggunakan mesin tipe GEVO-12 yang sudah disempurnakan. Lokomotif ini diperkenalkan pada tahun 2012, dan sudah selesai dites pada tanggal 9 April 2015 yang lalu.
GECX 2036, seri ET44AC | Sumber
Banyak sekali fitur yang diunggulkan dari lokomotif ini, di antaranya adalah emisi yang lebih rendah 70% dari lokomotif tier 3, biaya pemeliharaan yang lebih murah dari lokomotif tier 3, peningkatan kapasitas pendinginan mesin sebanyak 25%, dan pengendalian mesin oleh komputer untuk memudahkan operasional.Desain lokomotif ini sendiri tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, namun lebih panjang 16 inch dan lebih berat 8000 pounds, serta memiliki sistem pendinginan yang lebih baik dari pendahulunya, terlihat dari bagian “tanduk” pada radiator yang berbeda dari ES44AC.
Lokomotif ET44AC sudah dipesan oleh beberapa perusahaan besar, di antaranya adalah Union Pacific, CSX Transportation, dan Canadian National Railway. BNSF Railway akan menerima tipe ET44C4 yang serupa namun tidak memiliki motor traksi di bagian as roda tengah.
Electro-Motive Division yang cukup tertinggal dari General Electric, menyusul memperkenalkan tipe SD70ACe-T4 pada tanggal 4 Oktober 2015 di Railway Interchange Expo 2015 di Minneapolis. Lokomotif ini menggunakan mesin seri 12-1010 yang lebih baru setelah sebelumnya EMD memakai mesin seri 710.
EMDX 1501 | Sumber
Mesin 12-1010 | Sumber
Lokomotif ini memiliki perbedaan yang mencolok dari tipe SD70ACe, terlihat dari bagian kabin yang justru malah lebih mirip tipe SD70MAC, dan juga tentunya mesin yang digunakan. Selain itu, frame yang digunakan lokomotif ini pun lebih panjang, yaitu 23.37 meter.
Dari kedua tipe lokomotif ini, baru tipe ET44AC saja yang sudah enjalani debut di lintasan-lintasan baja Amerika yang liar. Kita tunggu aksi lokomotif-lokomotif ini saat sudah mainstream nanti.
Jadi penasaran lok bermesin GE7FDL berstandar emisi setara tier berapa
CC 206/CM20EMP malah bertulisan "Kontrol standar emisi tidak berlaku karena lokomotif ini dibuat khusus ekspor. Lokomotif ini tidak boleh digunakan di Amerika Serikat"