Terminal Bus Internasional di Kalimantan Barat

Bagi Anda yang sering naik bus, mungkin terminal adalah tempat yang tidak asing lagi. Beberapa terminal di Indonesia seperti Pulo Gebang dan Tirtonadi bahkan tergolong sebagai terminal megah dan terbesar di Asia Tenggara. Namun tahukah Anda bahwa di Kalimantan Barat ada terminal antar lintas batas negara yang tidak kalah megah? Terminal Sungai Ambawang namanya.

Pintu utama terminal

Terminal ini diresmikan penggunaannya pada bulan September 2013, dan melayani rute internasional Pontianak – Kuching (Serawak, Malaysia). Selain itu, rute-rute domestik ke Sintang, Sanggau, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi dan Ketapang juga dilayani dari terminal ini. Dalam rangka mendukung energi ramah lingkungan, terminal Sungai Ambawang menggunakan tenaga panel surya sebagai sumber daya listriknya. Untuk menjamin kualitas pelayanan, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dibantu langsung oleh pemerintah pusat dalam pengelolaan terminal ini.

Jalur bus dan area turun naik penumpang
Kolam kecil dengan air mancur dan ornamen khas Kalimantan di ruang tunggu
Relief yang menggambarkan budaya Dayak di ruang tunggu

Disarikan dari: bombasticborneo.com

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

TB Gemilang Pratama

Railway Enthusiast | Bus Enthusiast | Enterpreneur | Free Thinker with Responsibility |

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: