MRT Jakarta Luncurkan Maskot dan Aplikasi Mobile

Petinggi MRT Jakarta saat berfoto bersama maskot MRT Jakarta, Marti | pict by: Erico

[15/8]. Dulu kita seringkali kebingungan ketika hendak menunggu KRL karena kita tidak tahu di mana lokasi kereta. Namun di era teknologi seperti saat ini hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Teknologi internet dan GPS memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Hal itulah yang diperhatikan oleh operator kereta bawah tanah pertama di Indonesia, MRT Jakarta.

Sore tadi MRT Jakarta meluncurkan aplikasi mobilenya yang diberi nama MRT-J. Peluncuran dilakukan di Main Atrium East Mall Grand Indonesia, Jakarta. Peluncuran ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Menkominfo Rudiantara dan sejumlah pejabat tinggi di MRT Jakarta.

Selain meluncurkan aplikasi mobile, MRT Jakarta juga memperkenalkan maskotnya yang diberi nama Marti. Marti sendiri jika dilihat sekilas terlihat seperti seekor anak penguin dengan badan bulat seperti bola pingpong. Karena sudah dirilis kalian pastinya penasaran bagaimana kah tampilan dari aplikasi ini.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk handphone berbasis Android dan AppStore untuk handphone berbasis iOS. 

Aplikasi MRT-J di Google Play Store

Setelah diinstall beginilah tampilan awal aplikasi ini. User interface aplikasi MRT-J terlihat sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa registrasi atau anda dapat membuat akun MRT-J di aplikasi ini. Akun MRT-J dapat dibuat sendiri atau dibuat dengan akun Google, Twitter, atau pun Facebook anda.
Keuntungan dari anda meregistrasikan akun adalah anda bisa mendapatkan poin setiap harinya jika anda masuk menggunakan akun MRT-J anda. Poin ini dapat ditukarkan dengan hadiah menarik ketika anda membeli merchandise resmi MRT di JD.id.
Di aplikasi ini terdapat tiga menu yakni Ke Stasiun, Perjalanan, dan Jelajah Stasiun. Pertama kita akan membahas menu Ke Stasiun. Menu ini memiliki fungsi menunjukan arah menuju stasiun MRT terdekat dari lokasi kita.

Tampilan menu Ke Stasiun

Yang kedua adalah menu Perjalanan. Menu ini berfungsi untuk menghitung estimasi waktu perjalanan dari stasiun awal yang kita pilih ke stasiun tujuan kita.

Tampilan menu Perjalanan

Semisal di sini dimasukan Stasiun Fatmawati sebagai stasiun awal dan Stasiun Sisingamaraja sebagai stasiun tujuan. Menu ini akan menghitung estimasi waktu perjalanan berdasarkan batas kecepatan dan waktu berhenti di tiap stasiun. Dari masukan tersebut didapat waktu sekitar 12 menit perjalanan.

Estimasi waktu perjalanan dari Fatmawati ke Sisingamaraja

Yang terakhir adalah menu Jelajah Stasiun. Di menu ini terdapat review tentang sejarah wilayah tempat stasiun berada dan bentuk stasiun secara singkat. 

Tampilan menu Jelajah Stasiun

Ke depannya setelah MRT beroperasi pada Maret 2019 akan ada tambahan menu yakni Tracking. Menu ini fungsinya hampir sama seperti tracker yang ada di aplikasi KRL Access yakni untuk melacak posisi kereta. 
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: