[EKSKLUSIF] Mengunjungi InnoTrans 2018 Berlin

Salah satu pintu masuk ke venue InnoTrans 2018

Berlin – InnoTrans 2018 Berlin baru saja diselenggarakan pada tanggal 18 – 23 September 2018 di Berlin Messe. Pameran perdagangan sarana dan prasarana perkeretaapian terbesar di dunia yang telah diselenggarakan rutin sejak tahun 1996 di Berlin Messe kali ini terdapat lebih dari 3000 peserta pameran dari 61 negara berbeda. Tahun ini, Indonesia diwakili oleh PT. Len Indonesia sebagai peserta pameran. Mengunjungi InnoTrans 2018 tentu merupakan sesuatu yang tak dapat dilewatkan.

PT Len at InnoTrans 2018
Stand PT. Len Industri di InnoTrans 2018

Overview

Dalam ajang ini perusahaan-perusahaan memanfaatkannya untuk mempromosikan karya mereka serta mencari mitra kerjasama untuk kedepannya. Sebagian peserta juga menjadikan acara ini untuk meresmikan produknya. Di antaranya PT. Len Industri sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia yang menandatangani kerjasama dengan berberapa perusahaan asing. Dari Jerman, perusahaan raksasa Siemens memperkenalkan kereta cepat barunya yaitu  Velaro Novo. Dari Jepang, terdapat Toshiba yang memperkenalkan lokomotif hybrid. Selain itu ada pula JR Central yang menghadirkan contoh Shinkansen Series-LO yang menggunakan teknologi magnetic levitation, hingga kereta peluru pertamanya yang telah menjadi sejarah. Lalu, ada Yashima yang memamerkan produk kacanya, di mana para pengunjung diperbolehkan langsung mengujinya dengan memukulnya dengan palu godam yang telah disediakan.

Yashima_InnoTrans2018
Stand Yashima, spesialis kaca sarana perkeretaapian, menyediakan palu godam untuk dipukulkan kepada produk kaca mereka oleh pengunjung

Tak hanya perkeretaapian, pada event bertajuk The Future of Mobility ini pun terdapat juga berbagai macam perangkat penunjang perkeretaapian. Seperti sistem dan perangkat lunak baru yang modern, onderdil, rem, bantalan rel, pencahayaan, hingga pengganjal roda kereta. Selain itu, beberapa perusahaan memperkenalkan kendaraan lainnya seperti bus, mobil mini, dan sepeda.

Progress Rail-deteksiwajah
Progress Rail, perusahaan yang mengakuisisi Electro-Motive Division, memamerkan perangkatnya yang dapat mendeteksi pergerakan wajah masinis

Para pengunjung yang menghadiri event ini dapat cukup leluasa untuk mendatangi berbagai macam booth yang tersedia serta bertanya berbagai macam hal yang diminati sebagai contoh masalah teknis, pendidikan hingga lapangan pekerjaan. Selain itu pengunjung dapat pula mencoba berbagai simulator kereta api, Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR). Pengunjung juga dapat menikmati makanan atau mengambil cinderamata di setiap booth yang menyediakan.

WhatsApp Image 2018-09-22 at 01.18.06 (2)
Pengunjung dapat langsung belajar mengoperasikan kereta api di booth yang menyediakan simulator

Untuk menghadiri event yang dihadirkan di atas lahan sekitar 180.000 m² yang terbagi 2 bagian (Indoor dan Outdoor) ini diharuskan untuk memiliki tiket masuk yang sudah termasuk tiket transportasi di Berlin zona ABC dengan rentang harga 13€ hingga 120€ per orang. Kecuali pada tanggal 22 dan 23 September 2018 pukul 10 pagi hingga 6 sore, InnoTrans hanya menghadirkan Outdoor Display saja dengan harganya 3€ per orang per hari. Anak-anak sama sekali tidak dikenakan biaya untuk masuk ke InnoTrans.

Mengunjungi InnoTrans 2018

Semasa berlangsungnya InnoTrans 2018, harga penginapan di Kota Berlin dan tiket transportasi (pesawat dan kereta api) yang menuju Berlin relatif mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Outdoor-InnoTrans2018
Gerbong yang dipamerkan di Outdoor

Berangkat menuju pameran

FlixBus, bus yang penulis tumpangi dari Hamburg ke Berlin

Pada hari pertama pameran, penulis berangkat cukup pagi dari Hamburg yang berjarak hampir 300 km dari Berlin. Menggunakan bus antar kota memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Mengapa memilih bus bukan kereta? Karena dari segi waktu dan tarif dialah yang paling cocok saat tersebut. Sedangkan jika menggunakan kereta dengan tarif termurah yang ada saat itu, tarifnya akan berlipat-lipat lebih mahal dari bus (seperti sudah diutarakan di atas).

Selain itu, bila menggunakan kereta maka mengharuskan penulis berangkat jauh lebih pagi. Untuk keterangan lebih jelas perihal tarif transportasi di Jerman akan dimuat penulis di artikel berikutnya.

Bus yang penulis gunakan untuk menuju ke InnoTrans adalah bus jenis FlixBus. Bus ini merupakan jenis bus dua tingkat dengan interior yang sangat nyaman untuk penumpang. Bus ini memiliki jok yang berkesan sporty yang sangat nyaman untuk diduduki. Selain itu, terdapat pula layar LCD yang digunakan untuk informasi kepada penumpang.

Terdapat layar LCD pada interior bus
Tampilan jok penumpang pada FlixBus

Tiba di Berlin Messe

Bagian depan Berlin Messe

Sekitar pukul 10 pagi, bus yang penulis tumpangi tiba di Berlin ZOB (Zentral-Omnibusbahnhof, bahasa Jerman dari terminal bus). Dari Berlin ZOB hanya dibutuhkan sekitar 5 menit berjalan kaki ke pintu utara (Hall 19) atau timur bagian Utara (antara Hall 14 dan 15). Dikarenakan penulis telah membeli tiket secara daring, maka penulis hanya perlu menunjukan identitas seperti paspor atau KTP, serta tiket dari HP atau tiket yang telah dicetak untuk dipindai dan dicocokkan. Dikarenakan penulis merasa kurang puas mengunjungi InnoTrans 2018 di hari pertama, maka di hari kedua penulis memutuskan untuk kembali mengunjungi InnoTrans 2018 dengan membeli tiket baru secara on the spot dengan tarif pelajar.

Stand Stadler
Stadler, perusahaan yang terkenal dengan produk kendaraan rel ringannya, seperti trem dan LRV

Pameran Dalam Ruangan

Di bagian indoor terbagi oleh 26 aula ditambah CityCube Berlin di mana sebagian aula terdapat hingga 3 lantai. Setiap ruangan mempunyai fokus tema masing-masing. Fokus tema tersebut di antaranya yaitu Railway Technology, Infrastructure, Public Transport, Interior, Service, Tunnel Construction, dan InnoTrans Convention.

Di antara yang mengisi pameran indoor ini antara lain Len Industri, East Japan Railway Company, Central Japan Railway Company, Tokyo Metro, Stadler, Progress Rail, OLEO, Knorr-Bremse, Skoda, China Railway High Speed, dan Bombardier.

JR-East_simulasi
Antusias pengunjung saat JR East melakukan simulasi
Model CRH-400 Fuxing, kereta cepat terbaru Tiongkok yang rencananya akan digunakan juga pada jaringan kereta cepat Jakarta-Bandung
Booth Tokyo Metro bersebelahan dengan JR Central

Pameran Luar Ruangan

Outdoor Display terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu Sommergarten (Taman musim panas) sebagai tempat menampilkan berbagai bus baru yang akan dioperasikan dalam waktu dekat. Bagian lainnya ialah jalur kereta yang dipenuhi bermacam-macam produk terbaru dari berbagai jenis lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, hingga ambulan buatan Mercedes-Benz  yang dapat berjalan di rel kereta ataupun di jalan biasa.

Outdoor Display
Kereta buatan Alstom untuk Ferrovie dello Stato d’Italia
Kereta berbentuk tabung ini merupakan calon armada kereta bawah tanah di Glasgow
Tampak trem terbaru dan lokomotif listrik terbaru
Salah satu trem yang dipamerkan di luar ruangan

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari event ini, apabila memiliki ketertarikan tinggi dari bidang transportasi darat khususnya perkeretaapian maka event ini sangat cocok untuk anda. Karena dengan adanya event ini siapapun dapat menimba ilmu langsung dari orang yang menguasai bidangnya secara detail. Selain itu tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan koneksi dengan para ahli. Jika anda tidak sempat mengunjungi InnoTrans 2018 dan tertarik untuk mengunjungi event selanjutnya, maka seperti dilansir dari web resmi InnoTrans, InnoTrans berikutnya akan diselenggarakan pada 22 – 25 September 2020. Menabunglah dari sekarang!

RE Digest | Alqadrian Shangsapurba

2 tanggapan untuk “[EKSKLUSIF] Mengunjungi InnoTrans 2018 Berlin

  • Selasa, 9 April 2019 pada UTC 14:26
    Permalink

    Tidak deFICKat, kan?

    Balas
    • Selasa, 9 April 2019 pada UTC 14:42
      Permalink

      SigniFICKan. Apa kamu berbicara Anus?

      Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: