Rangkaian LRV Jabodebek Akan Dilengkapi Dengan ATO

Rangkaian LRT Palembang buatan PT INKA

[27/9]. Setelah sebelumnya (bisa dibilang) berhasil membuat rangkaian LRV pertama dengan sumber kelistrikan rel ketiga yang digunakan oleh LRT Palembang, PT INKA akan membuat rangkaian LRV pertama yang menggunakan sistem Automatic Train Operation (ATO). Hal tersebut disampaikan oleh Manajer Humas dan Protokoler PT INKA Exiandri Bambang Primadani.

Bambang mengatakan saat ini INKA telah menandatangani kontrak pengadaan rangkaian LRV untuk LRT Jabodebek. Dirinya juga mengatakan nantinya akan dikembangkan sistem ATO pada rangkaian LRV Jabodebek. Jadi nantinya rangkaian LRV Jabodebek akan beroperasi sepenuhnya otomatis tanpa masinis. Sebanyak 31 rangkaian LRV Jabodebek akan diproduksi.

Bambang mengatakan saat ini pembuatan rangkaian LRV Jabodebek sudah sampai pada tahap pengadaan material dan approval desain. Rencananya rangkaian ini akan mulai dikerjakan pada awal 2019. Namun jika materialnya tiba pada November 2018, tidak menutup kemungkinan akan dikerjakan lebih awal. Rangkaian LRV pesananan KAI ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 3,9 triliun. Selain menggunakan teknologi ATO, nantinya rangkaian LRV Jabodebek juga akan dilengkapi dengan kamera CCTV dalam kereta yang dapat meningkatkan keamanan perjalanan kereta.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

Detik

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×