Maitetsu, Ketika Anda Berkencan Dengan Kereta Api

Visual novel Maitetsu | Gematsu

Kalian suka memainkan visual novel? Demen yang loli-loli tapi juga menggemari kereta api di saat yang bersamaan? Mungkin visual novel yang satu ini bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang menggemari ketiganya. Ya inilah Maitetsu. Visual novel ini dibuat oleh rumah produksi Lose dan didistribusikan oleh Sekai Project, distributor yang juga mendistribusikan visual novel Nekopara.

Versi PC visual novel ini dirilis pada 29 Juni 2018 lalu melalui platform Steam. Di Steam sendiri visual novel ini mendapatkan rating 9/10 yang artinya sangat direkomendasikan oleh para pemain. Visual novel ini berkisah tentang seorang pria bernama Migita Sotetsu yang pulang kembali ke kampung halamannya, Ohiyoto, setelah mendengar kabar akan dibangun kawasan industri di sepanjang sungai di daerah tersebut.

Dirinya berusaha meyakinkan pemangku kebijakan supaya membatalkan rencana pembangunan kawasan industri tersebut karena dikhawatirkan keberadaannya dapat mencemari sungai dan mengancam kelestarian lingkungan. Pendapatnya didukung oleh sebagian warga kota. Namun sebagian lagi menolak pendapatnya dan mendukung rencana pembangunan kawasan industri karena dianggap dapat meningkatkan hajat hidup masyarakat.

Menyadari pendapatan kota menurun drastis selama beberapa tahun terakhir, Sotetsu berusaha mencari alternatif lain untuk meningkatkan pendapatan daerah serta taraf hidup masyarakat. Dari situlah Sotetsu bertemu dengan android ‘Raillord’ lokomotif 8620 yang bernama Hachiroku peninggalan kakek tirinya. Mereka pun mulai menjalin hubungan yang tidak biasa. Dari hubungan itulah mereka bekerjasama untuk menyelematkan kota dan sungai tercinta mereka. Dengan apa? Pastinya dengan kereta api.

Dalam visual novel ini terdapat beberapa tokoh di antaranya adalah Migita Sotetsu yang merupakan main heroine atau karakter utama dalam game ini, Hachiroku ‘Raillord’ lokomotif 8620, Hinai Paulette anak walikota Ohiyoto yang juga seorang pecinta kereta api, Migita Hibiki adik tiri Sotetsu, dan Reina ‘Raillord’ KiHa 07.

(Dari kanan ke kiri) Migita Hibiki, Hachiroku, Reina, dan Hinai Paulette | Gematsu

Penilaian penulis tentang visual novel ini bisa dibilang cukup bagus. Cerita yang ringan serta mudah dimengerti, penggambaran karakter yang sangat bagus, detail yang menarik, serta animasi yang cukup bagus membuat visual novel ini menarik untuk dimainkan. Selain itu ceritanya bisa sedikit menggambarkan tentang perkeretaapian Jepang seperti persaingan ketat antara maskapai penerbangan dengan perusahaan kereta api serta tingginya angka kecelakaan kereta api di masa lalu hingga jalur-jalur yang berjuang mati-matian untuk tetap beroperasi meskipun merugi.

Penggambaran karakter dalam visual novel Maitetsu

Tidak mengerti Bahasa Jepang? Jangan khawatir. Kalian dapat mengubah pengaturan bahasanya ke Bahasa Inggris. Bagi kalian yang tertarik untuk memainkan visual novel ini dapat membeli dan menginstallnya di PC melalui platform Steam dengan harga Rp 95.999* (harga pada bulan September 2018). Visual novel ini dapat dimainkan oleh remaja dengan umur 15 tahun ke atas. Sedikit peringatan dari kami, di visual novel ini terdapat adegan fan service sehingga harus dimainkan dengan pengawasan orang tua.

 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×