Republik Ceko Minati Pembangunan KA Bandara Yogyakarta

KA Bandara
Kereta rel diesel elektrik (KRDE) seri ME204, dengan spesifikasi angkutan bandara

(20/9) – Pemerintah Republik Ceko menjajaki pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Internasional New Yogyakarta (NYIA) bersama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam lawatannya ke Yogyakarta, Rabu (19/9). Penjajakan itu dilakukan oleh Presiden Senat Parlemen Republik Ceko Milan Stech, Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotec, beserta sejumlah delegasi saat menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Gedong Pracimosono, Kompleks Kantor Kepatihan, DIY.

“Kemungkinan ada untuk join dengan PT. KAI, apakah nanti untuk pembangunan rel dari airport ke Tugu, maupun dari Yogyakarta ke Borobudur. Rel nanti bisa dibangun di sebelah tol. Selain itu ada produk-produk yang lain yang mungkin bisa dibicarakan,” ungkap Sri Sultan seperti dilansir dari Portal Pemda DIY.

Setelah pertemuan tersebut, delegasi Republik Ceko langsung menggelar pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DIY, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Angkasa Pura (AP) I. Menurut ketua KADIN DIY GKR Mangkubumi, selain rel kereta api baru terdapat dua proyek lain yang menjadi prioritas yaitu proyek Pelabuhan Tanjung Adikarto dan pengembangan rumah sakit. “Untuk kereta, Republik Ceko ini punya pabrik kereta api yang bagus. Nanti bisa dikerjasamakan dengan KAI. Tahun depan mereka akan kesini lagi,” kata GKR Mangkubumi seperti dilansir dari Detik.

Sementara itu menurut Wakil Presiden Kamar Dagang Republik Ceko Michal Stefl, pihaknya menginginkan andil besar dalam pembangunan infrastruktur di DIY. Ini dikarenakan Ceko memiliki pabrik yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur. “Hal yang menarik, karena walaupun Republik Ceko termasuk daerah Eropa Timur tetapi kita bersaing dalam soal harga, harga lebih murah dibanding Eropa Barat,” kata Stefl di kantor Gubernur DIY.

Industri yang maju

CD 471
Kereta rel listrik kelas 471 milik České dráhy yang dibuat oleh Škoda Transportation | foto: Škoda Transportation/Wikimedia Commons (CC-BY-SA 3.0)

Menurut Sekda DIY Budi Wibowo, Republik Ceko dikenal cukup maju dalam industri perkeretaapian. Dari penelusuran RED, salah satu industri manufaktur sarana perkeretaapian di Ceko yang cukup dikenal adalah Škoda Transportation. Škoda telah memproduksi berbagai jenis lokomotif, kereta berpenggerak, maupun trem yang digunakan di Ceko dan berbagai negara lain.

Jalur KA menuju NYIA ini merupakan jalur yang nantinya akan vital untuk memperlancar arus mobilitas penumpang. Selain itu, jalur ini juga rencananya akan digunakan untuk kereta api angkutan pasir besi dari wilayah Kulon Progo.

RED | MPSCLFJRN

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: