Sekarang Batalkan Tiket KA Bisa Lewat KAI Access

[28/9]. Apakah anda pernah mengalami kejadian ketika anda harus membatalkan tiket perjalanan kereta karena urusan mendadak? Atau kesulitan untuk mengganti jadwal perjalanan? Terlalu males ke stasiun jadi anda harus mengikhlaskan uang anda? Kini tidak perlu lagi mengalami hal yang seperti itu. PT KAI akan menambahkan fitur pembatalan tiket dan reschedule di aplikasi KAI Access. Hal tersebut diumumkan dalam acara perayaan HUT KAI yang ke-73 yang diadakan di Pusdiklat Ir H Juanda tadi siang. Dalam acara tersebut diluncurkan tiga fitur baru di aplikasi KAI Access yakni pembatalan, reschedule, local train, dan e-wallet.

Proses pembatalan dan ubah jadwal melalui aplikasi KAI Access bisa dibilang cukup mudah. Untuk pembatalan dan reschedule dapat dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan atau penumpang yang terdaftar dalam pembelian tiket dan memiliki akun KAI Access. Caranya buka aplikasi KAI Access, pilih menu My Trip, pilih perjalanan kereta yang akan dibatalkan atau ubah jadwal, lalu pilih cancel atau reschedule.

Tiket yang dibatalkan adalah tiket yang dipesan secara online ataupun secara offline di stasiun, sudah dibayar, dan belum dicetak sebagai boarding pass. Tiket dapat dibatalkan melalui aplikasi hingga 24 jam sebelum keberangkatan. Selebihnya pembatalan hanya dapat dilakukan di stasiun. Sama seperti pembatalan biasa, pada pembatalan melalui KAI Access akan dikenakan bea sebesar 25% dari harga tiket kereta. Pengembalian biaya tiket dapat dilakukan melalui transfer bank ataupun secara tunai.

Sedangkan untuk reschedule hanya dapat dilakukan pada tiket yang dipesan secara online. Sama seperti pembatalan, tiket yang diubah jadwalnya akan dikenai biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket ditambah biaya tambahan apabila tiket kereta pengganti harganya lebih mahal dari yang diganti. Sebelum mengubah perjalanan, pastikan tiket belum dicetak sebagai boarding pass. Pengubahan dapat dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan dan jika kursi di kereta pengganti masih tersedia.

Ada pula fitur local train dan e-wallet. Local train adalah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk memesan tiket kereta lokal. Selain itu ada juga fitur e-wallet yang cara kerjanya hampir sama seperti Tokocash yang ada di aplikasi Tokopedia. Keempat fitur ini akan hadir di update aplikasi selanjutnya.

 

(RED/BTS – bukan boyband Korea)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Sekarang Batalkan Tiket KA Bisa Lewat KAI Access

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

√ó