2019, Shinkansen Eksperimental ALFA-X Akan Diujicoba

Desaun kereta ALFA-X | Press Release JR East via Tetsudo Shimbun

(5/10) – Kereta Shinkansen eksperimental ALFA-X dari East Japan Railway Company (JR East) akan memulai uji coba pada Mei 2019. JR East telah mengumumkan desain dan situasi terkini dari kereta tersebut pada Rabu (3/10) yang lalu.

Diberikan penomoran sebagai Seri 956, ALFA-X dimaksudkan untuk membuka jalan bagi armada baru kereta api berkecepatan tinggi, sebagai bagian dari strategi “Transform 2027”. Setelah meluncurkan proyek ini pada Juli 2017, JR East kini telah menyelesaikan pekerjaan desain terperinci untuk kereta ini. Dikatakan tujuan inti pengembangan ALFA-X adalah untuk mengejar ‘keamanan dan stabilitas lebih lanjut’. Selain itu, JR East juga akan meningkatkan kenyamanan dan menggabungkan empat konsep inovatif untuk meningkatkan pemeliharaan dibandingkan dengan armada yang ada dalam pengembangan ALFA-X.

JR East bermaksud menguji prototipe ini hingga 400 km/jam, dengan maksud bahwa kereta generasi berikutnya akan beroperasi hingga 360 km/jam di Tohoku Shinkansen dan 260 km/jam di Hokkaido Shinkansen. Sementara pengoperasian 360 km/jam diujicobakan selama pengembangan armada Seri E5 saat ini, JR East kemudian akan menetapkan untuk kecepatan layanan maksimum 320 km/jam, menyebut biaya yang lebih tinggi dan peningkatan konsumsi energi ketika berjalan lebih cepat.

Dilansir dari Railway Gazette, ada beberapa hal yang dikembangkan oleh JR East dalam kereta ALFA-X ini.

Desain hidung ALFA-X

ALFA-X
Desain hidung ALFA-X | Press Release JR East via Railway Gazette
ALFA-X
Perbandingan hidung ALFA-X dengan Shinkansen Seri E5 | Press Release JR East via Railway Gazette

Testbed ALFA-X akan menggabungkan dua desain hidung baru untuk mengurangi gelombang tekanan yang dihasilkan ketika memasuki terowongan pada kecepatan yang sangat tinggi. Kereta 1 di arah Tokyo dari rangkaian 10 kereta akan memiliki hidung yang sama dengan Seri E5, tetapi diperpanjang hingga 16 meter. Kereta 10 akan memiliki hidung 22 meter dengan bentuk yang lebih kompleks, dengan biaya ruang interior yang jauh berkurang. Untuk lebih meningkatkan kinerja lingkungan, ujicoba akan dilakukan dengan dua desain pantograf kebisingan rendah.

Peningkatan efisiensi energi merupakan prioritas utama, termasuk penggunaan bahan dan komponen yang lebih ringan. Peningkatan teknologi kontrol traksi akan mencakup penggunaan konverter daya silikon karbida.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, peredam yang disempurnakan dan sebuah alat kontrol perlindungan guncang dimaksudkan untuk meminimalkan getaran vertikal. Sementara perubahan pada peredam lateral akan mengurangi gerakan dari sisi ke sisi. Suspensi aktif juga akan memberikan tingkat kemiringan tubuh untuk memungkinkan operasi melalui kurva pada kecepatan yang lebih tinggi. Modifikasi pada struktur di bawah lantai dimaksudkan untuk mengurangi risiko penumpukan salju selama cuaca musim dingin yang parah.

Perlindungan gempa bumi

Belajar pelajaran dari tergelincirnya kereta Joetsu Shinkansen pada bulan Oktober 2004, JR East berencana untuk mengintegrasikan langkah-langkah kesiapsiagaan gempa di ALFA-X. Di antaranya adalah peredam anti gempa untuk menekan pergerakan badan kereta dan menstabilkan kereta jika kuat kekuatan terdeteksi. Crushable stoppers akan memungkinkan pergerakan yang lebih besar antara bogie dan badan kereta. Ini memungkinkan setiap guncangan kereta api tidak dikirimkan ke bogie dengan cara yang dapat memengaruhi pertemuan antara rel dengan roda.

Seperti halnya prototipe Fastech 360, ALFA-X akan dilengkapi dengan rem aerodinamis untuk digunakan dalam keadaan darurat. Flap yang dipasang di atap kecil akan diperpanjang ke atas oleh aktuator hidrolik. Deselerator linier juga akan dipasang pada beberapa bogies, dalam bentuk sepatu rem eddy-current.

Inovasi pemeliharaan termasuk penggunaan sensor on-board untuk mengumpulkan data status dan mendukung pemeliharaan berbasis kondisi. Kereta ini juga akan dilengkapi dengan peralatan pemantauan infrastruktur.

Menggembirakan dan menyegarkan

ALFA-X
Logo ALFA-X | Press Release JR East via Railway Gazette

Menurut JR East, trainset ALFA-X harus diselesaikan dengan warna metalik terang yang mencerminkan lingkungan lokal. Warna ini juga aktif memberitahukan partisipasi JR East di kota-kota yang dilayaninya. Kereta ini akan diwarnai abu-abu dengan kelir hijau yang ‘menggembirakan’ dan ‘menyenangkan’. Logo ALFA-X akan disajikan dalam font digital yang mewakili penggabungan Internet of Things dan fitur AI dalam desain kereta. Logo kereta ini berbentuk garis tergradasi menjadi lebih terang dan naik ke kanan. Logo ALFA-X melambangkan penggunaan teknologi canggih akan mengarah ke masa depan yang cerah. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: