KAI Akan Tambah Lokomotif Untuk KA Angkutan Barang

Lokomotif CC 205 yang beroperasi di Sumatera Selatan | Wikipedia

[2/10]. Bagi anda pengguna jalan raya pastinya sudah akrab bertemu dengan truk-truk berukuran jumbo di jalan raya. Keberadaan truk-truk ini menimbulkan sejumlah masalah di jalanan. Mulai dari kemacetan, polusi udara, hingga kecelakaan lalu lintas. Pemerintah pun berusaha mengatasi hal tersebut dengan mengalihkan angkutan barang yang sebelumnya menggunakan truk menjadi menggunakan kereta api.

Guna mendukung hal tersebut, KAI berencana akan menambah armada lokomotif angkutan barang. Sebanyak 19 unit lokomotif khusus angkutan logistik akan ditambahkan KAI. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan penambahan ini merupakan sarana setelah pemerintah menerapkan aturan tentang truk pengangkut logistik yang melebihi kapasitas dan ukuran di jalan tol.

Selain  lokomotif, KAI juga akan memesan 278 gerbong barang baru. Dengan tambahan sarana ini Edi berharap dapat mengangkut lebih banyak barang dan dapat mengurangi ongkos angkut menggunakan kereta api. Pasalnya selama ini banyak pengusaha yang lebih memilih mengangkut barang menggunakan truk karena praktis, efisien, dan murah. Dengan ditambahnya kapasitas kereta angkutan barang diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi biaya perbaikan jalan.

(RED/BTS – bukan boyband Korea)

Detik

Merdeka

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: