Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Akan Tambah Lokomotif Untuk KA Angkutan Barang

Lokomotif CC 205 yang beroperasi di Sumatera Selatan | Wikipedia

[2/10]. Bagi anda pengguna jalan raya pastinya sudah akrab bertemu dengan truk-truk berukuran jumbo di jalan raya. Keberadaan truk-truk ini menimbulkan sejumlah masalah di jalanan. Mulai dari kemacetan, polusi udara, hingga kecelakaan lalu lintas. Pemerintah pun berusaha mengatasi hal tersebut dengan mengalihkan angkutan barang yang sebelumnya menggunakan truk menjadi menggunakan kereta api.

Guna mendukung hal tersebut, KAI berencana akan menambah armada lokomotif angkutan barang. Sebanyak 19 unit lokomotif khusus angkutan logistik akan ditambahkan KAI. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan penambahan ini merupakan sarana setelah pemerintah menerapkan aturan tentang truk pengangkut logistik yang melebihi kapasitas dan ukuran di jalan tol.

Selain  lokomotif, KAI juga akan memesan 278 gerbong barang baru. Dengan tambahan sarana ini Edi berharap dapat mengangkut lebih banyak barang dan dapat mengurangi ongkos angkut menggunakan kereta api. Pasalnya selama ini banyak pengusaha yang lebih memilih mengangkut barang menggunakan truk karena praktis, efisien, dan murah. Dengan ditambahnya kapasitas kereta angkutan barang diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi biaya perbaikan jalan.

(RED/BTS – bukan boyband Korea)

Detik

Merdeka

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×