KRL Seri 6000 Rangkaian 6108F Muncul Lagi!

Rangkaian 6108F
Rangkaian 6108F menunggu keberangkatan di jalur 3 Stasiun Depok | foto: Farhan Galon

(3/10) – Lebih dari setahun mendekam di dalam Dipo Depok, KRL seri 6000 rangkaian 6108F akhirnya kembali menampakkan diri di lintas selatan Jabodetabek. Kini, rangkaian ini tampil dengan warna yang terlihat kusam namun dengan roda-roda baru yang tebal pada seluruh keretanya. Rangkaian 6108F ini diujicobakan untuk mengetahui performansinya setelah menjalani penggantian roda dan beberapa komponen utama lainnya.

Rangkaian 6108F sebelumnya sempat diperpendek menjadi 8 kereta dengan melepas kereta 6708 dan 6808 untuk penggantian roda. Kemudian, akhirnya seluruh rangkaian ini ditarik dari peredaran untuk menjalani penggantian roda secara total. Sayangnya, rangkaian ini memiliki catatan buruk dalam pengoperasian di mana sering terjadi gangguan AC. Sehingga kemudian rangkaian ini sementara dijadikan “sumber kehidupan” untuk rangkaian lainnya sambil menunggu datangnya suku cadang dari Jepang.

Rangkaian 6108F
Roda-roda baru berwarna abu-abu yang diimpor dari Jepang

Rangkaian 6108F diujicobakan dengan rute Depok-Manggarai PP. Sebelumnya, rangkaian ini telah menjalani proses penghidupan kembali selama lebih dari satu bulan di workshop Dipo Depok. Proses tersebut kemudian dilanjutkan dengan serangkaian uji statis dan pelengkapan komponen sebelum akhirnya bisa diuji secara dinamis. KLB ujicoba diberangkatkan dari Depok sekitar pukul 9:45 menuju Manggarai, dan tiba kembali di Depok pada pukul 11:40. Setelah ujicoba, tentunya rangkaian akan dievaluasi kembali sebelum dapat kembali melayani penumpang yang jumlahnya terus meningkat.

Blower subduct

Rangkaian 6108F merupakan salah satu dari tiga rangkaian KRL seri 6000 kelompok produksi 1971-1977 paling pertama yang dipasangkan unit pendingin udara. Ketiga rangkaian ini sekaligus menjadi kelinci percobaan pemasangan pendingin udara pada akhir 1980an oleh Eidan (sekarang Tokyo Metro). Blower jenis subduct yang digunakan mampu mendinginkan interior kereta pada saat kereta lowong dari penumpang, namun sebaliknya pada saat kereta padat dari penumpang. Atas dasar tersebut, Eidan kemudian memasangkan bentuk blower yang berbeda pada rangkaian-rangkaian kelompok produksi 1971-1977 selanjutnya. Dari ketiga rangkaian dengan blower subduct, rangkaian 6108F adalah satu-satunya yang masih aktif beroperasi, meskipun di luar Jepang.

Rangkaian 6108F
Melintasi bilangan Kalibata, Jakarta Selatan, kembali menuju Depok

Rangkaian 6108F merupakan satu dari tiga rangkaian KRL seri 6000 yang didatangkan ke Jakarta oleh PT KCI di tahun 2016. Tiba di Jakarta pada tanggal 29 Juli 2016, rangkaian ini kemudian menjalani proses adaptasi lingkungan dan menjalani uji dinamis pertama pada tanggal 25 Agustus 2016, dan menjalani debut di Jakarta pada tanggal 15 September 2016 atau bertepatan dengan ulang tahun PT KCI (yang pada saat itu masih bernama KA Commuter Jabodetabek/KCJ) yang ke-8. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: