Tiongkok Akan Bangun Jalur Kereta Cepat Bawah Air

| RT

[29/11]. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok terus membangun jalur kereta cepat untuk menghubungkan daerah-daerah di dalam negaranya. Dan sekarang Tiongkok akan membangun jalur kereta cepat yang lain dari yang lain. Pemerintah Tiongkok menyetujui rencana pembangunan jalur kereta cepat bawah air pertamanya. Hal tersebut disampaikan oleh media pada Kamis.

Jalur kereta bawah air ini rencananya akan membentang sejauh 77 kilometer yang menghubungkan Ningbo, kota pelabuhan di selatan Shanghai, dengan Zhoushou, pulau di lepas pantai di pesisir timur daratan Tiongkok. Jalur ini nantinya akan terdiri dari 70,92 kilometer jalur baru di daratan dan 16,2 kilometer terowongan bawah laut. Rencana jalur ini sebenarnya sudah diusulkan sejak 2005 dan hasil studi kelayakan baru disetujui pada November.

Direncanakan akan ada 7 stasiun di sepanjang jalur di mana 4 stasiun adalah bangunan baru dan 3 lainnya adalah pengembangan dari stasiun yang sudah ada. Selain itu, direncanakan pula kereta dapat beroperasi dengan kecepatan mencapai 250 km/jam di jalur ini.

Diperkirakan proyek ini akan memakan biaya 25,2 miliar Yuan atau sekitar USD 3 miliar pada kurs saat ini. Rencananya jalur ini akan rampung pada 2025 mendatang. Kehadiran jalur kereta cepat bawah air ini diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh dari Hangzhou, ibukota Zhejiang, ke Zhousan dari yang sebelumnya 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi menjadi hanya 80 menit menggunakan kereta cepat.

(RED/BTS)

CNN Travel

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: